Madiun

Dana Desa untuk Padat Karya Tunai

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambangi dua desa di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (2/3). Mantan menteri sosial (mensos) itu memonitor penyaluran dan penggunaan dana desa (DD) di Desa Sidomulyo dan Pule.

Khofifah meminta pemerintahan desa (pemdes) tidak sekadar mempercepat pencairan atau penyaluran. DD harus digunakan sesuai peruntukan. Hasilnya mendorong perekonomian desa. ‘’Misal desa wisata, dari situ akan ada income, pemberdayaan, dan merangsang masyarakat pelaku industri kreatif,’’ terangnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu menilai konsep padat karya tunai telah berjalan dengan baik di Sidomulyo dan Pule. Desa lain diminta untuk melakukan hal yang sama. Sebab, korelasinya mengurangi angka kemiskinan di pedesaan. ‘’Jawa Timur masih bermasalah pada kemiskinan pedesaan,’’ ungkap Khofifah.

Bupati Ahmad Dawami berharap Khofifah sering mengunjungi Kabupaten Madiun. Sebab, arahannya sangat diperlukan. ‘’Kabupaten Madiun menjadi tercepat dalam penyaluran dana desa sebenarnya atas bimbingan Bu Gubernur,’’ ujarnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button