CPNSPacitan

CPNS Pacitan: BKD-Dindik Sikapi Dingin Honorer

PACITAN – Jeritan tenaga honorer disikapi dingin Pemkab Pacitan. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pacitan tidak ambil pusing dengan munculnya penolakan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Organisasi perangkat daerah (OPD) ini tetap membuka pendaftaran. ‘’Pendaftaran sudah dibuka mulai 28 September lalu,’’ kata Plt Kepala BKD Pacitan Sakundoko, Senin (1/10).

Menurut dia, penerimaan CPNS 2018 tetap mengacu Peraturan Menteri PAN-RB (Permen PAN-RB) 36/2018 dan Permen PAN-RB 37/2018. Terkait tuntutan tenaga honorer melalui Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mencabut aturan itu, Sakundoko belum mendapatkan informasi. Termasuk rencana penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).  ‘’Kebijakannya masih seperti dulu. Belum ada informasi lagi,’’ ujarnya.

Saat ini pihaknya fokus pada progres penerimaan CPNS. Jika terdapat kebijakan baru, pihaknya bakal segera dikabari. Baik dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun Kemen PAN-RB. Selanjutnya kebijakan tersebut akan dijalankan di daerah. ‘’Karena kami hanya pelaksana kebijakan pusat,’’ tegasnya.

Sakundoko mengklaim penerimaan CPNS tidak ada gejolak berlebihan di Pacitan. Dia menyebut hingga kini belum mendapat keluhan dari tenaga honorer maupun PGRI. Dia juga tidak tahu sikap yang diambil tenaga honorer dan PGRI. Termasuk audiensi PGRI Pacitan ke Surabaya. ‘’Memang (tenaga honorer dan PGRI) tidak ke BKD,’’ tambahnya.

Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan setali tiga uang dengan BKD. OPD yang menaungi mayoritas tenaga honorer ini juga berdalih sekadar menjalankan kebijakan pusat.  Terutama, jika ada regulasi baru yang disampaikan melalui BKD terkait penerimaan CPNS atau PPPK. ‘’Kami menunggu regulasinya. Yang tahu sekda dan BKD. Kalau ada kebijakan di tingkat daerah, kami ikut,’’ jelas Kepala Dindik Pacitan Daryono.

Diberitakan sebelumnya, PGRI dan tenaga honorer kategori dua (K-2) berseberangan. PGRI menerima kebijakan penerimaan PPPK untuk tenaga honorer yang gagal ikut seleksi penerimaan CPNS akibat pembatasan usia. Sedangkan tenaga honorer sebaliknya. Alasannya, wacana  penerimaan PPPK pertengahan Oktober nanti belum jelas. Kemen PAN-RB masih menyusun mekanismenya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button