CPNSNgawi

CPNS Ngawi: Tiga Kursi Honorer K-2 Hangus

NGAWI – Tiga kursi formasi khusus untuk tenaga honorer kategori dua (K-2) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 terancam hangus. Itu jika Pemkab Ngawi tidak segera mengajukan ke pemerintah pusat untuk mengalihkan ke formasi umum. ‘’Dari kuota 34 kursi hanya 31 honorer K-2 yang memenuhi syarat untuk mendaftar,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ngawi Yulianto Kusprasetyo.

Sebelumnya, Yulianto menyebut jumlah honorer K-2 di Ngawi yang memenuhi syarat melamar CPNS sesuai kuota. Namun, setelah dioreksi lagi ternyata hanya 31 orang. Yakni seorang perawat dan 30 guru. Sesuai aturan dan arahan BKN, kuota formasi khusus honorer K-2 tidak bisa diisi pelamar umum. ‘’Kalau formasi khusus cumlaude dan disabilitas bisa dialihkan ke umum,’’ jelasnya.

Tiga kursi itu dipastikan terbuang sia-sia. Sebab, dari total 271 honorer K-2 di Ngawi, yang usianya di bawah 35 tahun hanya 31 orang. Yulianto menambahkan dari 31 orang itu sebenarnya juga belum tentu lolos sebagai CPNS. Sebab, masih harus mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). ‘’Meskipun tidak wajib mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) seperti formasi umum,’’ jelasnya.

Sekretaris Komisi I DPRD Ngawi Siswanto menyayangkan kondisi ini. Bupati diharapkan punya kebijakan atau melobi ke pusat. Sebab, yang paling paham kondisi daerah itu pemerintah daerah. Dia berharap sebelum penerimaan CPNS dibuka, tiga kursi itu bisa diperjuangkan untuk dialihkan. ‘’Kalau perlu kita ke sana (BKN) bareng-bareng untuk memperjuangkannya,’’ usulnya. (tif/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button