News

Contoh Wilayah Fungsional

×

Contoh Wilayah Fungsional

Share this article

Contoh Wilayah Fungsional – Kawasan fungsional adalah kawasan yang dicirikan oleh kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan fungsional. Contoh paling mudah untuk memahami konsep kawasan fungsional ini adalah dengan melihat kota-kota metropolitan, salah satunya DKI Jakarta.

Apa perbedaan antara area fungsional dan jenis area lainnya? Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan mempelajari lebih dalam tentang luas fungsi melalui definisi dan ciri-cirinya. Simak penjelasan berikut ini sampai akhir ya.

Contoh Wilayah Fungsional

Dikutip dari situs tarubali.baliprov.go.id, kawasan fungsional merupakan kawasan yang terintegrasi secara internal, dimana bagian-bagian kawasan saling berinteraksi lebih intensif dibandingkan dengan kawasan lainnya.

Tipe Dan Contoh Regionnnn

Sedangkan menurut situs mapputripuimilange.sch.id, kawasan fungsional merupakan kawasan yang didasarkan pada konsep heterogenitas. Kawasan fungsional tersebut tercermin dari adanya pola saling ketergantungan dan pola interaksi dari gejala-gejala yang terdapat pada kawasan yang bersangkutan.

Wilayah ini juga sering disebut sebagai wilayah nodal atau wilayah organik. Nama kawasan fungsional sendiri diberikan tergantung dari keunikan kawasan tersebut. Jika kawasan fungsional memiliki konsep heterogenitas, maka sebaliknya adalah kawasan yang memiliki konsep homogenitas yaitu kawasan formal.

Kawasan formal itu sendiri merupakan kawasan yang terbentuk oleh kesamaan kenampakan, meliputi kenampakan fisik permukaan tanah, iklim, tanah, bentuk lahan, vegetasi, dan penggunaan lahan.

Kembali ke area fungsional. Fokus utama area fungsional, seperti namanya, adalah pada hubungan fungsionalnya. Dapat disimpulkan bahwa bidang-bidang fungsional tersebut berkaitan dengan interaksi yang terus menerus, baik secara fisik maupun sosial.

Green Infrastructure Wisata Alam Pada Lanskap Pesisir Angke Kapuk

Interaksi fisik meliputi interaksi antar kota yang dikelilingi oleh lingkungan. Sedangkan interaksi sosial meliputi interaksi antar masyarakat di wilayah tersebut yang mengakibatkan perbedaan struktur masyarakat yang saling melengkapi.

Contoh kawasan yang termasuk kawasan fungsional adalah kota metropolitan. Kawasan metropolitan dapat dikatakan sebagai kawasan fungsional karena perannya sebagai pusat sistem yang terintegrasi dengan kawasan lain, misalnya sistem transportasi kawasan, pusat kegiatan pemerintahan, dan infrastruktur utama kegiatan keuangan.

Misalnya wilayah DKI Jakarta. Jakarta adalah simpul atau pusat Indonesia. Semua kegiatan dan kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi, administrasi, pemerintahan, kesehatan, pendidikan, hiburan dll difokuskan di sini.

Kota Jakarta juga merupakan kawasan fungsional yang berhubungan dengan kota-kota sekitarnya. Awalnya, sebelum berkembang, Jakarta tidak terhubung dengan kota-kota terdekat, seperti Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang. Namun seiring berjalannya waktu, kota-kota di sekitar Jakarta juga berkembang dan menjadi penyangga Jakarta sebagai titik pusat atau simpul.

Definisi Wilayah Lengkap Dengan Konsep Dan Pembagiannya

Dalam hal ini, Jakarta menjadi kawasan fungsional bagi pertumbuhan dan perkembangan kota-kota lain di sekitarnya. Di sisi lain, Bodetabek juga merupakan kawasan fungsional yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan kota Jakarta.

Baca Juga  Pada Proses Daur Air Terjadi Perubahan Wujud

Hal yang sama juga terjadi di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Umumnya kota-kota besar yang tergolong metropolitan memiliki kota-kota pendukung di sekitarnya. Kota penyangga ini menjadi tempat tinggal masyarakat yang memiliki banyak aktivitas di node atau hub.

Contoh lainnya adalah kawasan industri, dimana kawasan ini menjadi pusat pabrik-pabrik. Pabrik membutuhkan banyak pekerjaan untuk menarik banyak orang untuk tinggal dan beraktivitas di sekitarnya. Dengan adanya pabrik, maka akan tercipta hubungan yang terpadu dan model ketergantungan antara pabrik sebagai node dengan zona-zona disekitarnya yang aktif di dalam pabrik.

Contoh selanjutnya adalah kawasan wisata. Misalnya Bali dan Yogyakarta. Kedua kota ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga diperlukan infrastruktur yang memadai seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, hiburan, dan lain-lain. Hal ini menjadikan kawasan di sekitar simpul atau pusat wisata menjadi kawasan fungsional yang mendukung kegiatan wisata dengan menyediakan berbagai kebutuhan kepada wisatawan.

Ekosistem Adalah: Pengertian Menurut Ahli, Komponen Dan Jenisnya

Demikian penjelasan tentang bidang fungsional. Sekarang kamu bisa membedakan mana area fungsional dan mana area formal, ers. Apakah tempat tinggal Anda saat ini merupakan area fungsional atau area formal? Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Menurut Taylor, daerah adalah bagian yang berbeda dari permukaan bumi dan menunjukkan sifat yang berbeda satu sama lain.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 tentang Rencana Tata Ruang Nasional, wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segala unsur yang terkait dengannya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/fungsional.

Dapat disimpulkan bahwa suatu wilayah adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang dikelilingi oleh ciri-ciri tertentu yang khas dan membedakannya dengan wilayah lain. Misalnya, kawasan hutan berbeda dengan kawasan pertanian, kawasan perkotaan berbeda dengan kawasan pedesaan.

Daerah dicirikan oleh keseragaman atau homogenitas tertentu. Misalnya berdasarkan kriteria fisik atau alam serta kriteria sosial budaya.

Definisi Wilayah (region) Serta Contohnya

1. Kawasan formal berdasarkan kriteria fisik didasarkan pada kesamaan topografi, jenis batuan, iklim dan vegetasi. Misalnya kawasan pegunungan kapur (karst), kawasan beriklim dingin dan kawasan vegetasi mangrove. 2. Kawasan formal berdasarkan kriteria sosial budaya, misalnya kawasan suku Banjar, kawasan industri tekstil dan kawasan persawahan.

Suatu kawasan yang dicirikan oleh kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan fungsional. Sebagai contoh, wilayah Jabodetabek secara fisik berbeda (heterogen), namun secara fungsional saling berhubungan untuk memenuhi kebutuhan hidup masing-masing wilayah.

Regionalisasi (regionalisasi) adalah proses pengelompokan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan atau pengelompokan daerah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah harus memahami kondisi suatu daerah karena setiap daerah memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Baca Juga  Digunakan Untuk Mendeteksi Kesalahan Penulisan Dan Ejaan Bahasa Pada Kalimat

Pusat pertumbuhan (growth pole) adalah suatu daerah atau wilayah yang pertumbuhan perkembangannya sangat cepat dibandingkan dengan daerah lain sehingga dapat dijadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan daerah lain di sekitarnya.

Konsep Wilayah Dan Tata Ruang

Menurut Christaller, lokasi sentral merupakan lokasi strategis yang dapat melayani kebutuhan masyarakat. Dalam teori ini terdapat konsep yang disebut ruang lingkup dan batas. Range adalah jarak yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan item yang kamu butuhkan pada waktu tertentu. Meski limitnya adalah jumlah minimum penghuni yang dibutuhkan untuk kelancaran dan keseimbangan pasokan barang, teori tempat sentral (Walter Christaller) akan dibahas secara terpisah, OK Squad.

Teori ini mengatakan bahwa perkembangan suatu kota atau wilayah merupakan hasil dari suatu proses dan tidak terjadi pada waktu yang bersamaan, melainkan muncul pada tempat-tempat tertentu dengan kecepatan dan intensitas yang berbeda. Tempat-tempat atau tempat-tempat yang menjadi pusat perkembangan atau pembangunan disebut tiang pertumbuhan. Dari kutub-kutub inilah proses pembangunan kemudian menyebar ke daerah-daerah lain di sekitarnya atau ke pusat-pusat yang lebih rendah. Dalam teori ini terdapat istilah yang berkaitan dengan terjadinya dampak positif atau negatif dari interaksi kutub pertumbuhan dengan kawasan sekitarnya.Dampak positif kemajuan pembangunan dari pusat pembangunan disebut trickle down effect. Dampak negatif yang dirasakan oleh periphery disebut dengan washout bias. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan investasi di kota tertentu yang diharapkan dapat terus meningkatkan aktivitas kota tersebut agar semakin banyak melibatkan penduduk dan pada akhirnya semakin banyak produk dan jasa yang dibutuhkan.

Teori Losch merupakan kelanjutan dari teori tempat sentral Christaller yang menggunakan konsep ambang dan jangkauan yang sama. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut.

Sumber: sutartogeo.blogspot.co.id Gambar di atas mencerminkan perkembangan wilayah pasar berbagai barang dan jasa dengan batas yang semakin meningkat. Setiap produk dan layanan terletak di beberapa area pasar dalam satu lanskap yang ditumpuk di atas area pasar lainnya dalam bentuk heksagonal. Daerah dengan populasi padat akan berkembang pesat (Gambar A ditunjukkan sebagai titik, B adalah titik hitam, dan C adalah detailnya). Berdasarkan teori sektoral Losch, dapat disimpulkan bahwa kota berkembang lebih cepat jika memiliki populasi yang padat dengan wilayah yang luas.Dalam geografi regional terdapat perspektif yang memandang suatu wilayah secara komprehensif dan multidimensional. Ilmu ini disebut geografi regional atau ilmu regional.

Contoh Wilayah Administratif

Melihat kewilayahan ini, ada dua jenis wilayah yang umumnya digunakan oleh para ahli geografi. Dua jenis zona adalah zona formal dan zona fungsional.

Di bawah ini akan kami jelaskan lebih dalam apa sebenarnya kedua wilayah tersebut, apa saja perbedaan keduanya, serta contohnya.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Drama

Kawasan formal menurut Wardiyatmoko pada dasarnya adalah kawasan yang dicirikan oleh kondisi fisik, biotik atau sosial tertentu. Secara umum, bidang formal ini dibedakan oleh ciri fisiknya yang jelas.

Karena dibedakan berdasarkan ciri fisiknya, bidang formal ini sangat mudah dibedakan. Pembagian teritorial formal ini umumnya cukup jelas sehingga tidak diperlukan penjelasan lebih lanjut untuk memahami batas teritorial.

Contoh Contoh Integrasi Sosial Di Masyarakat, Ketahui Bentuk Bentuknya

Dengan kata lain, kawasan formal adalah kawasan khusus, dengan kondisi tertentu. Oleh karena itu, ia memiliki batasan yang jelas dan mudah dibedakan dari lingkungannya.

Jika kita mencoba menganalisis pengertian dari kawasan formal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa ciri khusus yang menandai suatu kawasan formal. Fitur-fitur ini meliputi:

Setelah melihat pengertian dan ciri-ciri kawasan formal di atas, pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu kawasan formal dan kawasan apa saja yang tergolong formal?

Di bawah ini adalah beberapa contoh kawasan yang tergolong kawasan formal beserta penjelasan mengapa kawasan tersebut tergolong kawasan formal.

Contoh Wilayah Formal Dan Fungsional

Seperti, cukup membayangkan seperti apa sebenarnya area formal itu. Setelah itu kami akan mencoba berbicara lebih banyak tentang area fungsional.

Berbeda dengan kawasan formal yang batasnya jelas, kawasan fungsional memiliki batas yang tidak jelas. Hal ini terjadi karena kawasan ini ditentukan berdasarkan hubungan yang terjalin dengan kawasan lain di sekitarnya.

Area fungsional ini juga umumnya berupa tipe titik, yang akan dihubungkan dengan area lain. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kawasan fungsional disebut kawasan basis

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah cukup membayangkan apa sebenarnya bidang fungsional itu? Pada tataran geografi regional, kawasan fungsional pada dasarnya adalah

Pengertian Dan Batasan Wilayah

Suatu kawasan yang mungkin tidak memiliki ciri fisik atau sosial yang sama, tetapi memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat sehingga sering dianggap sebagai satu kesatuan.

Ini berarti bahwa area fungsional ini jauh lebih fleksibel daripada bagian delineasinya. Sifat fisisnya tidak harus sama, tetapi yang penting ada hubungan yang erat antara titik-titik tersebut (

Pada umumnya hubungan yang terjadi ini bersifat timbal balik, yaitu saling mempengaruhi dan pasti juga saling menguntungkan. Juga, karena didasarkan pada hubungan, terkadang batasannya tidak begitu jelas

Jelaskan perbedaan antara wilayah formal dan wilayah fungsional, contoh diklat fungsional guru, contoh integrasi fungsional, contoh fungsional, contoh wilayah formal dan fungsional, contoh short fungsional text, wilayah fungsional, contoh produk pangan fungsional, contoh konflik fungsional, contoh minuman fungsional, contoh wilayah dan perwilayahan, contoh ragam bahasa fungsional