News

Contoh Periodisasi

×

Contoh Periodisasi

Share this article

Contoh Periodisasi – Contoh Divergensi Sejarah Indonesia, Ciri-Ciri dan Tujuannya – Berdasarkan beberapa penemuan dan catatan peristiwa masa lalu.

Indonesia mempunyai sejarah yang sangat panjang. Secara umum masa sejarah di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua masa, yaitu masa prasejarah dan masa sejarah.

Contoh Periodisasi

Indonesia mempunyai sejarah peradaban yang panjang. Penerapan periodisasi berguna dalam menentukan batas spatio-temporal suatu peradaban yang ada pada masa lalu.

Jadual Periodisasi Latihan

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari contoh-contoh divergensi dalam sejarah Indonesia sejak zaman prasejarah. Menariknya bukan? Suka membaca.

Jelaskan contoh periodisasi dalam sejarah indonesia Contoh periodisasi dalam sejarah prasejarah indonesia 1. Prasejarah di indonesia

Masa prasejarah di Indonesia dimulai dengan adanya peradaban di Indonesia dan berakhir pada saat masyarakat Indonesia mengenal tulisan.

Akhir zaman prasejarah di Indonesia tidaklah sama. Daerah di Indonesia yang mengakhiri masa prasejarah pertama adalah daerah Kutai di Kalimantan Timur.

Indikator Siswa Dapat Menyusun Periodisasi Dan Kronologi Sejarah Nasional Indonesia.

Hal ini mungkin karena ditemukan sebuah yuppa dengan tulisan dalam aksara Sansekerta Pallava. Yuppa ini konon berasal dari abad ke-4 Masehi.

Hingga saat ini, belum ada penemuan baru peninggalan masa lampau tertulis yang lebih tua dari Yupa di Kalimantan Timur.

Setelah masa prasejarah di Indonesia berakhir, maka dimulailah masa sejarah. Menurut para ahli, pengaruh asing yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah Hindu Budha.

Selain membeli hasil pertanian dari petani lokal. Para pedagang inilah yang memperkenalkan agama Hindu-Budha kepada masyarakat Indonesia saat itu.

Lembar Kerja Renaisans Untuk Kelas 10 Di Quizizz

Namun pendapat lain menyebutkan bahwa pengaruh Hindu-Budha masuk ke Tanah Air melalui pengikutnya yang berasal dari India yang mempunyai kepentingan khusus dalam menyebarkan agama Hindu-Budha di Indonesia.

Baca Juga  Jelaskan Isi Materi Pembahasan Sidang Bpupki Sesuai Dengan Tanggal Sidang

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai yang reruntuhannya terdapat di wilayah Kalimantan Timur.

Sedangkan kerajaan bercorak Hindu tertua di Pulau Jawa adalah Kerajaan Tarumanegara yang reruntuhannya banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat.

Bukti kuat keberadaan kerajaan ini adalah prasasti Ciaruteun yang memuat stempel Raja Purnavarman sendiri.

Periodisasi Dan Kronologi Sejarah 2

Kemunculan Kerajaan Tarumanegara dalam kancah sejarah nasional kira-kira berbarengan dengan kemunculan karya Kutai pada abad ke-4 Masehi dan berakhirnya pada abad ke-7 Masehi.

Tokoh Purnavarman disebut-sebut sebagai raja yang berhasil membawa Tharmanegara ke masa keemasannya. Ia digambarkan sebagai raja sakti yang gemar beramal.

Ketika usahanya memperdalam sungai di kawasan itu berhasil. Raja Purnavarman menghadiahkan ratusan ekor ternaknya sebagai hadiah kepada seluruh masyarakat miskin dan beragama yang membantunya.

Selain kerajaan Hindu-Budha tertua. Ada dua kerajaan besar di Indonesia yang menjadi simbol atau kejayaan masa Hindu-Budha di Indonesia.

Periodisasi Dan Kronologi

Kedua kerajaan tersebut adalah Kerajaan Srivayaya dan Kerajaan Majapahit. Dibandingkan kerajaan Majapahit, kerajaan Srivayaya muncul lebih dulu.

Kerajaan Sriwijaya muncul dalam kancah sejarah nasional sejak abad ke-6 Masehi dengan nama pendirinya, Dapunta Hyang Sri Jayanasa.

Selain menjadi kerajaan pertama yang mempunyai konsep persatuan. Kerajaan Srivayaya juga merupakan salah satu kerajaan yang paling lama bertahan dalam pentas sejarah nasional.

Beberapa bukti yang digali menunjukkan bahwa kerajaan Srivayaya muncul pada abad ke-6 Masehi dan baru berakhir eksistensinya dalam kancah sejarah nasional sekitar abad ke-12 Masehi.

Presiden Jokowi Diimbau Tugaskan Calon Menteri Sampaikan Lhkpn

Berdasarkan data di atas, maka dapat dikatakan bahwa Kerajaan Srivayaya telah eksis dalam pentas sejarah nasional selama 600 tahun.

Baca Juga  Bahan Berikut Ini Yang Tidak Menghambat Produksi Biogas Adalah

Setelah kerajaan Sriwijaya di Sumatera kehilangan pamornya. Di Jawa Timur, bermula dari sebuah desa kecil, muncullah nama Majapahit yang dikenal sebagai kerajaan Hindu terbesar di nusantara.

Selain kerajaan Srivayaya dan kerajaan Majapahit. Era Budha-Hindu di Indonesia juga melahirkan sebuah kerajaan yang meninggalkan beberapa mahakarya luar biasa yang keindahannya masih dapat disaksikan hingga saat ini.

Meski tak sebesar Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit, Kerajaan Medang di Jawa Tengah memberikan warisan yang tak ternilai harganya.

Materi Bahasa Dan Sastra Indonesia (peminatan)

Ratusan candi tersebar di komplek wisata Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang terbesar dan terindah adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan, menjadi bukti tak terbantahkan eksistensi Kerajaan Medang dalam pentas sejarah bangsa.

Era Hindu-Buddha lambat laun berakhir seiring merosotnya pamor kerajaan Majapahit. Pada saat yang sama, kerajaan Islam muncul di negara tersebut.

Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia dikatakan mirip dengan masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke nusantara, yang khusus dibawa oleh para pedagang dan ulama.

Berdirinya banyak kerajaan Islam di nusantara menjadi bukti bahwa agama Islam disambut hangat oleh masyarakat Indonesia saat itu.

Periodisasi Gizi Dan Latihan

Sudah sekian lama, setidaknya ada beberapa negara yang ingin menguasai Indonesia. Negara-negara tersebut antara lain Belanda, Inggris, Portugal, Prancis, dan Spanyol.

Era ini dimulai dari kurun waktu 1908 – 1928, pada era inilah muncul tokoh-tokoh cerdas yang berusaha memerdekakan Indonesia dari kuk penjajahan melalui jalur diplomasi.

Era ini dimulai ketika Jepang masuk ke Indonesia. Dampak baik pada periode ini adalah berakhirnya penjajahan Eropa terhadap Indonesia.

Namun dampak negatifnya adalah dimulainya masa penjajahan Jepang yang brutal dan luar biasa destruktifnya. Padahal masa penjajahan Jepang di Indonesia hanya berlangsung selama dua tahun, tepatnya pada tahun 1943-1945.

Baca Juga  Istri Polisi Disebut

Konsep Berpikir Diakronik. Lengkap Dengan Definisi, Ciri, Dan Contohnya!

Namun dampaknya sangat terasa. Jutaan masyarakat Indonesia menjadi korban kebrutalan Jepang melalui agenda Romusha yang dilaksanakan Jepang.

Berdasarkan uraian contoh-contoh divergensi dalam sejarah Indonesia di atas, maka tujuan divergensi dalam sejarah Indonesia adalah untuk memudahkan pengkajian peristiwa-peristiwa sejarah menurut waktu terjadinya peristiwa tersebut.

Demikian pembahasan mengenai contoh divergensi dalam sejarah Indonesia. Kami berharap artikel singkat ini dapat memperluas pemahaman Anda tentang sejarah Indonesia.

Periodisasi puisi, contoh periodisasi sejarah, periodisasi zaman, periodisasi perkembangan, contoh periodisasi sejarah eropa, periodisasi indonesia, pengertian periodisasi, tujuan periodisasi, periodisasi musik, contoh periodisasi sejarah indonesia, periodisasi latihan, periodisasi