News

Contoh Gerak Lurus

×

Contoh Gerak Lurus

Share this article

Contoh Gerak Lurus – Ternyata tidak hanya makhluk hidup yang bisa bergerak, tapi benda juga bisa bergerak. Maka dari itu makalah fisika kelas 8 ini akan menjelaskan tentang macam-macam gerak benda beserta contohnya. –

. Waktu itu saya menaiki bianglala disana. Sangat menarik! Anda melihat keindahan kota. Belum lagi banyak motor dan mobil lewat di jembatan sebelah sekolah!”, kata Andin kepada Tata.

Contoh Gerak Lurus

Pergerakan suatu benda adalah perubahan kedudukan benda dari kedudukan awalnya ke kedudukan akhirnya. Dengan kata lain suatu benda bergerak bila posisinya berubah.

Kumpulan Contoh Soal Gerak Lurus

Hanya makhluk hidup yang dapat bergerak, benda mati pun pun dapat bergerak. Contohnya adalah bianglala.

Contoh benda bergerak lainnya antara lain adalah kendaraan yang bergerak seperti sepeda motor, mobil, sepeda, kereta api, pesawat terbang, bola yang dilempar ke gawang, buah jatuh dari pohon, dan masih banyak lagi.

Jadi, gerak benda dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu menurut bentuk lintasannya, titik acuan pengamatannya, dan sifat kecepatannya.

Gerak lurus merupakan salah satu jenis gerak benda yang mengikuti lintasan lurus. Contoh gerak lurus adalah mobil yang bergerak maju, buah apel jatuh dari pohon, kereta api yang bergerak lurus, dan semua benda yang bergerak lurus.

Soal Quiz Tengah Semester

Oleh karena itu, gerak melingkar adalah gerak suatu benda yang mengikuti lintasan melingkar mengelilingi suatu titik tetap (sumbu rotasi). Pada gerak melingkar, jarak benda dari pusat putaran akan selalu tetap, tetapi kedudukan benda relatif terhadap pusat lingkaran berubah.

Contoh gerak melingkar adalah jarum jam analog, bianglala, bumi yang berputar, roda mobil, baling-baling pesawat terbang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berdasarkan besarnya kecepatan sudut, gerak melingkar dibedakan menjadi dua, yaitu gerak melingkar beraturan (GMB) dan gerak melingkar beraturan (GMBB). Inilah perbedaannya!

Gerak parabola disebut juga gerak proyektil adalah gerak suatu benda yang mengikuti lintasan parabola atau melengkung. Contoh gerak proyektil antara lain gerak bola yang memantul bila dipukul atau dilempar ke atas.

Dinamika Partikel Dan Hukum Newton

Gerak semu merupakan jenis gerak benda yang seolah-olah kita sedang melihat gerak benda lain (ilusi). Contoh gerak semu antara lain ketika kita melihat pemandangan dari dalam mobil yang sedang bergerak. Di dalam mobil, kita bisa melihat rumah, pepohonan, dan benda-benda di luar bergerak. Mobil yang kita kendarai sebenarnya sedang bergerak.

Contoh lainnya, kita melihat bagaimana matahari dan benda-benda langit bergerak mengelilingi bumi. Faktanya, Bumi berputar pada porosnya dan mengelilingi Matahari.

Gerak relatif adalah gerak suatu benda yang sifatnya tergantung pada posisi pengamatan atau titik acuan. Contoh gerak relatif ketika ada dua orang pada posisi berbeda, berikut. Misalnya June di dalam mobil dan Anna di luar mobil.

Baca Juga  Pernyataan Yang Sesuai Dengan Gambar Tersebut Adalah

, jika yang menjadi acuannya adalah Anna yang berada di luar, maka yang bergerak adalah Juna yang berada di dalam mobil. Sebaliknya jika yang menjadi acuan adalah Juno yang berada di dalam mobil, berarti Anna sedang bergerak.

Apa Saja Besaran Besaran Dalam Konsep Gerak Lurus?

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda sepanjang lintasan lurus dengan kecepatan tetap (tetap). Misalnya GLB, yaitu seseorang yang mengendarai sepeda motor di jalan raya lurus dengan kecepatan tetap.

Sedangkan gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda sepanjang lintasan lurus dengan kecepatan seragam yang bervariasi dan percepatan tetap. Contoh GLBB adalah seseorang mengendarai mobil di jalan raya yang lurus, namun dengan perubahan kecepatan yang teratur (bisa lebih cepat atau lebih lambat).

As Apakah anda memahami macam-macam gerak benda? Topik tentang benda bergerak yang satu ini menarik sekali untuk dipelajari bukan? Apalagi banyak contoh yang ada di sekitar kita tanpa kita sadari. Jika Anda tidak sabar untuk mempelajari materi lainnya, Anda dapat menggunakannya di laboratorium. Benda dikatakan bergerak bila posisinya berubah terhadap suatu titik acuan, sebagaimana tertuang dalam buku Teliti 1001 Soal Fisika SMA Kelas VII, VIII dan IX yang ditulis oleh Arif Alfatah dan Muji Lestari. Dalam fisika, gerak dibagi menjadi tiga bagian, yaitu gerak relatif, gerak semu, dan gerak lurus.

Contoh gerak relatif adalah seorang siswa diantar ke sekolah oleh kakak laki-lakinya yang mengendarai sepeda. Seorang siswa dikatakan berpindah apabila sekolah yang menjadi titik acuannya. Namun jika yang menjadi acuannya adalah sepeda, maka siswa tersebut dikatakan diam.

Rumus Glbb Dalam Fisika Dengan Contoh Soal Dan Pembahasan

Jadi, gerak semu adalah gerak suatu benda yang diam tetapi tampak bergerak. Misalnya saat kita mengendarai mobil, pohon-pohon yang kita lewati di jalan seakan-akan bergerak ke arah kita.

Sedangkan gerak lurus adalah gerak suatu benda yang lintasannya lurus. Gerak lurus beraturan terbagi menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus beraturan (GLBB).

1. Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya tetap, artinya kecepatannya tetap atau percepatannya nol.

2. Suatu benda yang melakukan GLB bila diperiksa dengan pengatur waktu akan menunjukkan bahwa benda tersebut akan menempuh jarak yang sama dalam waktu yang sama.

Lembar Kerja Gerak Proyektil Untuk Kelas 9 Di Quizizz

Gerak lurus variabel seragam (URRM) adalah gerak suatu benda yang bergerak lurus dengan kecepatan yang bervariasi tetapi percepatannya tetap. Ada dua jenis GLBB yaitu akselerasi dan deselerasi.

Baca Juga  Negara Anggota Asean Yang Disebut The Land Locked Country Adalah

Untuk lebih memahaminya, simak beberapa contoh soal berdasarkan 1001 Soal Pembahasan Fisika SMA Kelas VII, VIII, dan IX karya Sahat Nainggolan serta Soal Latihan Fisika SMA Kelas 1, 2, dan 3 karya Sahat Nainggolan.

2. Benda bergerak dari titik A ke D sepanjang lintasan berbentuk persegi panjang. Jika AB = CD = 150 m dan AD = BC = 100 m dan waktu yang dibutuhkan adalah 200 s, maka kelajuan dan kelajuan benda masing-masing…

Contoh dan pembahasan soal gerak lurus beraturan. Foto: Screenshot latihan fisik kelas 1, 2 dan 3 Sahat Nainggolan

Sma_fisika_paket 06_kinematika_pkb2019_dikmen Pages 51 100

3. Adi berlari dengan kecepatan tetap 2 m/s. Dari tempat yang sama, lima menit kemudian Kusna berlari mengejar Adi dengan kecepatan konstan 6 m/s. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Kusno untuk sampai ke Adi?

Contoh dan pembahasan soal gerak lurus beraturan. Foto: Screenshot latihan fisik kelas 1, 2 dan 3 Sahat Nainggolan

4. Grafik di bawah menunjukkan hubungan antara kecepatan (v) dan waktu (t) mobil yang melakukan GLBB. Jarak yang ditempuh mobil adalah…

Contoh dan pembahasan soal gerak lurus dan beraturan. Foto: Screenshot buku fisika kelas 1, 2 dan 3 karya Sahat Nainggolan

Gerak Vertikal Activity

5. Seseorang sedang mengendarai mobil dari kota A ke kota B seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Sumbu Y dan X merupakan komponen waktu. Jarak yang ditempuh mobil pada menit ke 30 sampai menit ke 120 adalah…

Inilah konsep GLB dan GLBB yang perlu Anda pahami. Teman-teman, jangan lupa pelajari contoh soal gerak lurus! Gerak adalah proses memindahkan suatu benda dari satu tempat ke tempat lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerak diartikan sebagai perubahan tempat atau posisi secara sekali atau berulang-ulang.

(2019), gerak diartikan sebagai proses perpindahan dari posisi awal ke posisi akhir. Sederhananya, gerakan berarti perubahan posisi.

Suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukannya berubah. Penyebab terjadinya pergerakan bermacam-macam, bisa faktor alam seperti tanaman yang menderita angina pektoris, atau faktor manusia seperti pergerakan yang disebabkan oleh mobil.

Terbaru! Contoh Presentasi Powerpoint Tentang Pendidikan Yang Baik, Kekinian Dan Menarik

Dalam bergerak, suatu benda biasanya mempunyai acuan tertentu. Referensi adalah titik awal atau posisi suatu objek. Apabila suatu benda bergerak dari suatu posisi acuan, maka benda tersebut dikatakan bergerak.

Menurut artikel di buku Gerak Lurus di Kelas Fisika

Pada gerak lurus beraturan, suatu benda menempuh jarak yang sama dalam waktu yang sama. Contohnya adalah pergerakan kereta api.

Dibutuhkan waktu 1 sekon untuk menempuh jarak 2 meter. Jadi dalam waktu 1 sekon kereta akan bergerak terus menerus menempuh jarak 2 meter.

Baca Juga  120 Ml Berapa Gelas

Gerak Vertikal (rangkuman)

Contoh ini menunjukkan bahwa jarak 2 meter (s) didefinisikan sebagai perpindahan, waktu (t) selama 1 detik didefinisikan sebagai waktu, dan kecepatan (v) didefinisikan sebagai: v=s/t

Gerak lurus beraturan adalah suatu benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya berubah-ubah setiap detiknya.

Jelas dari pernyataan ini bahwa ada variabel lain yang mempengaruhi kecepatan. Variabel ini adalah percepatan (a) yang mempengaruhi kecepatan spesifik (v). Percepatan ini dapat dinyatakan sebagai:

7. Seseorang berlari selama 10 sekon, posisinya berubah dari 30 m menjadi 50 m Kecepatan lari rata-rata seseorang adalah…

Menganalisis Gerak Lurus

8. Sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan 30 m/s terus menerus dipercepat selama 5 detik hingga mencapai kecepatan akhir 50 m/s. Percepatan yang dialami benda…

9. Mobil mengerem terus menerus, kecepatan awalnya 90 km/jam. Setelah menempuh jarak 100 m, kecepatannya menjadi 54 km/jam. Jarak yang harus ditempuh sebelum mobil berhenti adalah…

11. Jika seekor penyu membutuhkan waktu 20 jam untuk menempuh jarak 1 kilometer. Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan jika ia ingin menempuh jarak 3 kilometer?

12. Pencuri pergi dari rumahnya menuju rumah Pak Dan untuk merampok barang. Pada saat yang sama, Tuan. Danu meninggalkan kantor untuk pulang dan biasanya memakan waktu 1 jam. Jika kecepatan mobil Pak Danu 7 km/jam dan kecepatan sepeda motor pencuri 4 km/jam, maka jarak rumah Pak Danu ke rumah pencuri 3 km lebih dekat dari kantor. Menurut Anda siapa yang akan datang lebih dulu? Rumah Pak Danu diduga berada di antara kantor dan rumah pencuri.

Contoh Gerak Melingkar Mudah Kita Temukan Di Lingkungan Sekitar

Diketahui kecepatan mobil Pak Dan V.D = 7 km/jam dengan waktu tempuh tD = 1 jam. Oleh karena itu, jarak antara rumah Pak Danu dengan kantornya dapat kita tentukan sebagai berikut:

Jarak rumah pencuri dengan rumah Pak Danu lebih kecil 3 km dibandingkan jarak rumah Pak Danu dengan kantornya. Oleh karena itu, kita dapat menentukan jarak antara rumah pencuri dan rumah Pak Danu (sP) dengan cara:

Dengan jarak 4 km dan putaran mesin (VP) 4 km/jam, pencuri dapat sampai ke rumah Pak Danu dengan cara:

13.

Contoh Soal Gerak Lurus Dan Penjelasan Konsep Glb Glbb

Contoh gerak lurus dipercepat, contoh soal kinematika gerak lurus, contoh gambar gerak lurus beraturan, contoh gerak lurus dipercepat beraturan, contoh soal gerak lurus, contoh gambar gerak lurus, contoh gerak lurus berubah beraturan, contoh gerak lurus beraturan, contoh makalah gerak lurus beraturan, gerak lurus, contoh makalah gerak lurus, contoh soal tentang gerak lurus