News

Contoh Basa Krama

×

Contoh Basa Krama

Share this article

Contoh Basa Krama – Kata Sampah atau Kata Sampah (Karakter Jawa: ꦠ가ꦏꦸꦸꦏꦿꦿক) merupakan kosakata bahasa Jawa yang hanya digunakan dalam bahasa Krama. Dahulu kata krama dapat digunakan dalam bahasa Ngoko khususnya bahasa Ngoko Basa-Antya, dan digunakan dalam bahasa Maa khususnya bahasa Madya Krama dan Madyantara.

Dasar kata sampah adalah kata ngoko; semua kata sopan pasti ada kata ngoko. Ada kata-kata sopan yang berada di atas tingkat kata-kata sopan, tetapi setiap kata sopan tidak memiliki kata sopan yang sesuai. Idiom yang disingkat disebut kata madya, yang mengandung kata-kata yang tidak baku. Kata ngoko yang tidak ada padanannya dengan kata krama disebut krama-ngoko.

Contoh Basa Krama

Bahasa seringkali dikacaukan dengan kata seru, seperti yang terdapat dalam kitab Jawa Pepak yang biasa digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, kata krama sering dianggap sama dengan kata bahasa Inggris krama. Oleh karena itu, di beberapa daerah banyak dijumpai masyarakat yang menggunakan kata inggil untuk dirinya sendiri, yang konon bertujuan untuk menghormati/memuliakan lawan bicara atau lawan bicaranya.

Soal Bahasa Jawa Krama​

Di bawah ini contoh kata krama (dicetak tebal) dan padanannya pada kata ngoko, namun pada kata krama inggil tidak ada padanannya.

Di bawah ini contoh kata krama (dicetak tebal), padanannya pada kata ngoko dan padanannya pada kata krama inggil.

Basa krama inggil, kamus basa krama, contoh pidato basa jawa krama, basa jawa krama, basa krama inggil anggota tubuh lengkap, kamus basa jawa krama, kamus basa jawa krama inggil, basa krama, translate basa krama, contoh basa krama inggil, kamus basa krama inggil, basa krama alus

Baca Juga  Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Di Dalam Ekosistem Air Adalah