Ngawi

CJH asal Ngawi Besok Terbang ke Tanah Suci

NGAWILabbaik Allahumma Labbaik. Ratusan calon jamaah haji (CJH) dari Bumi Orek-Orek siap menunaikan rukun Islam kelima. Kamis (4/7), sebanyak 314 CJH mengumpulkan koper haji ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ngawi.

Yang menarik, para CJH memberi tanda koper masing-masing dengan peranti tertentu agar tidak tertukar dengan milik jamaah lain. Di antaranya, sandal jepit dengan warna mencolok. ‘’Koper satu grup diberi tanda sandal jepit semua,’’ kata Endah Pujiwarsi. salah seorang CJH asal Perumahan Prandon, Ngawi.

Selain sandal jepit, ada kelompok CJH lain yang memilih menggunakan bola tenis sebagai tanda kopornya. Ada pula yang sekadar memasang tali-talian beraneka rupa. ‘’Sebenarnya tidak dianjurkan maupun dilarang. Boleh memberi tanda asalkan tidak menutupi identitas yang sudah tersedia di koper,’’ tutur Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Ngawi Mukibbudin.

Mukibbudin mengatakan, ratusan koper tersebut akan dikirim lebih dulu ke Surabaya. Sementara, CJH berangkat dini hari tadi dan dijadwalkan masuk Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pukul 08.00. Jamaah asal Ngawi yang masuk kloter 2 dijadwalkan terbang menuju Madinah besok pukul 07.00. ‘’Tidak ada kendala berarti selama menjelang pemberangkatan haji tahun ini,’’ ujarnya.

Komposisi jamaah tahun ini sedikit berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya. CJH yang masuk kategori risiko tinggi (risti) sebanyak 138. ‘’Lebih banyak dibanding tahun lalu. Tapi, sudah ada tim kesehatan haji yang akan mendampingi mereka. Satu dokter dan dua paramedis,’’ pungkasnya. (den/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button