News

Ciri-ciri Planet Uranus

×

Ciri-ciri Planet Uranus

Share this article

Ciri-ciri Planet Uranus – Ada 8 planet yang diketahui di tata surya kita sebelum revisi terakhir pada tahun 2006. Namun, pada tahun itu Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mengubah definisi resmi sebuah planet, sehingga Pluto kehilangan status planetnya. Jadi, saat ini terdapat 8 planet yang dikenali di tata surya kita, yaitu:

Karakteristik ini menjadikan Merkurius salah satu planet paling khas di tata surya kita, sekaligus salah satu planet yang paling sulit diamati karena kedekatannya dengan Matahari dan atmosfernya yang tipis.

Ciri-ciri Planet Uranus

Planet Venus merupakan salah satu planet di tata surya kita yang memiliki sifat unik. Berikut beberapa ciri utama planet Venus:

Ciri Ciri Planet Dan Nama Planet Pada Tabel Berikut Yang Benar Adalah….

Planet Venus menjadi objek penelitian yang menarik dalam ilmu keplanetan karena sifatnya yang unik dan kondisinya yang ekstrim. Eksplorasi lebih lanjut terhadap Venus dapat memberikan wawasan tentang proses planet dan evolusi atmosfer di luar Bumi.

Planet Bumi, juga dikenal sebagai Bumi, adalah planet ketiga dari Matahari di tata surya kita. Beberapa ciri utama planet bumi adalah:

Sifat-sifat ini menjadikan Bumi tempat yang unik dan istimewa di tata surya kita, karena merupakan satu-satunya tempat di mana kita mengetahui adanya kehidupan dan mendukung berbagai bentuk kehidupan.

Ciri-ciri inilah yang menjadikan Mars salah satu planet paling menarik untuk penelitian ilmiah dan eksplorasi luar angkasa.

Tolong Jawab Y Buat Bsk Soalnya​

Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya kita dan memiliki beberapa ciri unik. Berikut beberapa ciri-ciri planet Jupiter:

Itulah beberapa ciri utama planet Jupiter. Planet ini merupakan salah satu objek paling menarik di tata surya kita dan terus menarik perhatian para ilmuwan dan penjelajah luar angkasa.

Saturnus merupakan planet terbesar kedua di tata surya kita dan memiliki beberapa ciri unik yang membedakannya dengan planet lain. Berikut beberapa ciri-ciri planet Saturnus:

Inilah beberapa ciri utama planet Saturnus. Planet ini tetap menjadi objek penelitian yang menarik untuk eksplorasi ruang angkasa, dan kami terus mempelajari lebih lanjut tentang planet ini dan cincinnya melalui penelitian ilmiah.

Ada Fenomena Planet Sejajar Di 24 Juni 2022, Ini Penjelasannya

Uranus merupakan planet yang masih dalam penelitian aktif, dan para ilmuwan terus mempelajari planet ini melalui teleskop dan misi luar angkasa.

Neptunus adalah planet terjauh dari Matahari di tata surya kita. Di bawah ini adalah beberapa ciri utama planet Neptunus:

Baca Juga  Sebutkan Macam-macam Kualitas Not

Perlu diketahui bahwa penelitian di planet Neptunus terus berkembang dan sejauh yang saya tahu mungkin akan ada update atau penemuan baru. Sebuah bab tentang tata surya. Ciri-ciri planet  Setiap planet mempunyai gaya gravitasi  Setiap planet mempunyai medan magnet  Setiap planet mempunyai kemiringan sumbu  Masing-masing.

Presentasi berjudul: “Departemen Tata Surya. Ciri-ciri Planet  Setiap planet mempunyai gaya gravitasi  Setiap planet mempunyai medan magnet  Setiap planet mempunyai kemiringan sumbu  Masing-masing.”— Transcript presentasi:

Nama Nama Planet Dalam Tata Surya Secara Lengkap

2 Ciri-ciri planet  Setiap planet mempunyai gaya gravitasi  Setiap planet mempunyai medan magnet  Setiap planet mempunyai kemiringan sumbu  Setiap planet mempunyai atmosfer  Setiap planet mempunyai orbitnya masing-masing  Setiap planet berputar mengelilingi Matahari pada orbitnya masing-masing (revolusi)  Setiap planet berputar pada sumbunya (rotasi)  Setiap planet berbentuk bola  Setiap planet tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri  Setiap planet mempunyai batas massa 13 kali massa Yupiter (13 MJ)

3 Jarak Merkurius, rotasi dan revolusi Merkurius  Jarak planet dari Matahari : 57 juta kilometer  Waktu rotasi : 59 hari  Waktu rotasi : 88 hari  Suhu rata-rata : 340 Kelvin (430°C untuk bagian planet menghadap Matahari, dan – 180°C untuk yang menghadap Matahari Ukuran planet Merkurius  Permukaan : 7,48 x 10 7 km 2  Diameter : 4879,4 km  Volume : 6 083 x 10 10 km 3  301 Massa : x 10 23 kg  Gravitasi : 3,7 m/s 2 Ciri-ciri planet Merkurius  Planet Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari  Planet Merkurius merupakan planet terkecil di tata surya  Planet Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat  Planet Merkurius berwarna abu-abu  Planet Merkurius tidak memiliki bulan  Planet Merkurius tidak memiliki cincin  Planet Merkurius mempunyai periode orbit tercepat di tata surya

4 Jarak Venus, rotasi dan revolusi planet Venus  Jarak planet dari Matahari : 108 juta kilometer  Waktu rotasi : 243 hari  Waktu rotasi : 225 hari  Suhu rata-rata : 737 Kelvin Permukaan planet Venus :  4,6023 x 10 8 km 2  Diameter : 12103,6 km  Volume : 9,2843 x 10 11 km 3  Massa : 4,8675 x 10 24 kg  Gravitasi : 8,2 87 m Ciri-ciri planet Venus yang paling dekat dengan matahari  Planet Venus adalah planet dengan suhu rata-rata tertinggi di tata surya  Planet Venus merupakan satu-satunya planet yang arah rotasinya berlawanan  Planet Venus mempunyai bentuk, ukuran dan komposisi yang hampir sama dengan planet Bumi  Planet Venus berwarna putih kekuningan  Planet tersebut Venus termasuk dalam kategori planet  Planet Venus tidak memiliki bulan  Planet Venus mempunyai masa rotasi terpanjang di tata surya  Planet Venus merupakan satu-satunya planet yang masa rotasinya lebih lama dari masa revolusinya  Biasa disebut dengan “bintang pagi” atau “bintang sore”.

Baca Juga  Waktu Pembentukan Bpupki Dan Ppki

5 Jarak Bumi, Rotasi dan Rotasi Planet Bumi  Jarak Planet dari Matahari : 150 juta kilometer  Waktu Rotasi : 24 jam  Waktu Rotasi : 365 hari  Suhu rata-rata : 288 Kelvin Ciri-ciri Planet Bumi  Planet Bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni makhluk hidup  Planet Bumi merupakan planet ketiga yang paling dekat dengan Matahari  Planet Bumi merupakan planet terpadat di Tata Surya  Planet Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan gas-gas lainnya  Planet Bumi adalah biru kehijauan jika dilihat dari luar angkasa  Permukaan Planet Bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan  Planet Bumi mempunyai 1 bulan alami yang disebut Bulan  Planet Bumi tidak mempunyai cincin

Kenapa Uranus Jadi Planet Terdingin Di Tata Surya?

6 Jarak Mars, rotasi dan revolusi planet Bumi  Jarak planet dari Matahari : 230 juta kilometer  Waktu rotasi : 25 jam  Waktu rotasi : 687 hari  Suhu rata-rata : 210 Kelvin Planet Mars  Ciri-ciri Planet Mars planet  planet yang paling dekat dengan Bumi  planet Mars merupakan planet terkecil kedua di tata surya  planet Mars mempunyai warna kemerahan, sehingga disebut Planet Merah  planet Mars terdiri dari 95% karbon dioksida, 3% nitrogen dan gas lainnya  planet Mars termasuk dalam kategori planet luar  planet Mars mempunyai 2 bulan alami bernama Phobos dan Deimos  Planet Mars tidak mempunyai cincin

7 Jarak Yupiter, Rotasi dan Revolusi Planet Yupiter  Jarak planet dari Matahari : 778 juta kilometer  Waktu rotasi : 10 jam  Waktu rotasi : 11 tahun  Suhu rata-rata : 165 Kelvin Ciri-ciri planet Yupiter Planet Yupiter merupakan planet terbesar di tata surya  Planet Jupiter terdiri dari 89% hidrogen dan 10% helium  Planet Jupiter tergolong planet luar  Planet Jupiter memiliki warna yang tampak berlapis dengan kombinasi warna oranye dan putih  Planet Jupiter memiliki 79 bulan alami  Planet Jupiter mempunyai cincin  Planet Jupiter mempunyai jumlah bulan alami terbanyak di tata surya  Planet Jupiter mempunyai waktu rotasi tercepat di tata surya

Baca Juga  Definisi Yang Tepat Tentang Teks Persuasi Adalah

8 Ciri-ciri Planet Saturnus  Planet Saturnus merupakan planet terbesar kedua di tata surya  Planet Saturnus terdiri dari 96% hidrogen sebagai komponen utamanya  Planet Saturnus merupakan planet terluar  Planet Saturnus berwarna kuning pucat  Planet Saturnus mempunyai 62 bulan alami termasuk Titan dan Rhea  Planet Saturnus memiliki cincin es yang besar  Planet Saturnus sering disebut sebagai planet terindah karena cincinnya yang indah  Planet Saturnus memiliki waktu rotasi tercepat kedua di tata surya. Jarak, rotasi dan perputaran planet Saturnus  Jarak planet dari Matahari : 1,4 miliar kilometer  Waktu rotasi : 11 jam  Waktu rotasi : 29 tahun  Suhu rata-rata : 134 Kelvin

9 Jarak Uranus, rotasi dan revolusi planet Uranus  Jarak planet dari Matahari : 3 milyar kilometer  Waktu rotasi : 17 jam  Waktu rotasi : 84 tahun  Suhu rata-rata : 76 Kelvin Ukuran planet Uranus  Permukaan :  8, 116 x 10 9 km 2  Diameter: 50724 km  Volume: 6,83 x 10 13 km 3  Massa: (8,6810 ± 0,0013) x 10 25 kg planet  6 ms Grasitas:  6 vs. Uranus  Planet Uranus merupakan planet terdingin kedua di tata surya  Planet Uranus termasuk dalam kategori planet luar  Planet Uranus berwarna biru muda  Planet Uranus mempunyai 27 bulan alami  Planet Uranus mempunyai cincin vertikal  Ia merupakan planet dengan suhu terendah dan terdingin yaitu sekitar -224°C.

Ciri Planet Saturnus, Satu Satunya Yang Bercincin Di Tata Surya

Neptunus adalah matahari  Planet Neptunus merupakan planet yang terjauh dari planet Bumi  Planet Neptunus merupakan planet terdingin dengan suhu rata-rata terendah di tata surya  Planet Neptunus berwarna kebiruan sehingga disebut dengan Planet Biru  Termasuk Planet Neptunus termasuk dalam kategori planet luar  Planet Neptunus mempunyai 14 bulan alami  Planet Neptunus mempunyai cincin  Planet Neptunus mempunyai cincin

Gambar planet uranus, karakteristik planet uranus, warna planet uranus, pengertian planet uranus, jumlah satelit planet uranus, foto planet uranus, tentang planet uranus, ciri planet uranus, satelit planet uranus, cincin planet uranus, uranus planet, sejarah planet uranus