Pacitan

Cepat Deteksi Gempa Skala Tinggi di Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gempa bumi kini cepat terdeteksi. Sejak BMKG menghibahkan warning receiver system Indonesia tsunami early warning system (WRS-InaTEWS) kepada BPBD Pacitan. Alat itu digadang mampu menerima informasi gempa lebih cepat ketimbang sumber lainnya.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati mengungkapkan, WRS-InaTEWS terkoneksi dengan satelit BMKG. Sehingga seluruh gempa dengan skala di atas 5 skala Richter (SR) di mana pun dapat terinformasikan. ‘’Kalau di Twitter, Facebook, dan lainnya, paling cepat lima menit setelah gempa,’’ ujarnya, Kamis (29/7).

Alat senilai ratusan juta itu tersebar di beberapa daerah rawan gempa di tanah air. Selain mendata, alat tersebut bakal mengirimkan SMS gateway ke 100 nomor yang terdaftar. Khususnya para pemangku kepentingan dan relawan di Pacitan. Agar dapat bersiap saat hendak mengantisipasi gempa susulan. ‘’Alat ini baru kita aktifkan kemarin (22/7). Untuk pengiriman SMS gateway masih menunggu alat tambahan lagi dan teknisi dari BMKG,’’ paparnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button