Magetan

Cegah Truk Tetes Tebu Melintas, Kades Soco Tutup Jalan Desa

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Aksi protes dilancarkan Pemdes Soco terhadap truk pengangkut limbah tetes tebu yang kerap melintasi desa setempat. Pasalnya, bau busuk kerap tercium gegara truk-truk itu ’’kencing’’ di jalan. ‘’Sudah kami beri peringatan dua kali, tapi tetap bandel. Makanya kami protes,’’ kata Kades Soco Didik Haryono.

Kemarin (30/9) Didik memotori aksi protes itu. Mengemban aspirasi warganya, pemdes di Kecamatan Bendo tersebut menutup akses jalan bagi truk pengangkut limbah tetes tebu menggunakan mobil siaga. ‘’Kami tidak ingin jalan desa menjadi tempat pembuangan limbah,’’ tegasnya.

Menurut Didik, sudah sepekan terakhir truk pengangkut limbah tetes tebu hilir mudik di desanya. Dalam sehari bisa tiga truk yang menumpahkan limbah ke jalan desa setempat. ‘’Kami sudah banyak dapat komplain dari warga yang merasa tidak nyaman dengan bau busuk dari limbah tersebut,’’ keluh Didik.

Yang membuat warga bertambah berang, desa setempat rupanya digunakan sebagai transit. Saban hari truk datang ke Soco membawa muatan limbah, lalu muatannya dipindahkan ke truk lain yang lebih kecil. ‘’Padahal semua tetes tebu itu diambil dari luar Soco, tapi desa kami yang dikotori limbah. Kami berharap pemkab turun tangan membantu mengatasi masalah ini,’’ tutur Didik. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button