Ngawi

Cegah Korban, Dinas PU Pangkas Pohon Rawan Tumbang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Angin kencang dinilai masih berpotensi terjadi di Ngawi seiring intensitas hujan yang semakin tinggi. Tak ingin timbul korban, pemkab sengaja melakukan pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalan. Salah satunya jalur Paron-Jogorogo.

‘’Pemangkasan ini sekaligus untuk menekan kerugian jika angin kencang sewaktu-waktu menerjang,’’ kata Bakin, kepala Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) Wilayah 1 Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Cipta Karya dan Kebersihan Ngawi, Kamis (26/12).

Pemangkasan menyasar pohon-pohon besar dengan ranting terlalu rindang. Selain itu, pohon tua yang dinilai rawan tumbang. ‘’Untuk pohon yang masih kecil tidak dipangkas selama tidak membahayakan pengendara,’’ ujarnya.

Pemangkasan pohon kali ini melibatkan delapan personel UPT PU Wilayah 1 Ngawi dan dibantu beberapa realawan. ‘’Kami siasati dengan tidak melakukan pemangkasan pada jam-jam berangkat dan pulang kerja agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang parah,’’ terang Bakin.

Dia menambahkan, pemangkasan terkendala tenaga khusus penebang pohon yang hanya ada dua orang. Hal itu mengakibatkan proses pemotongan pohon memakan waktu cukup lama. ‘’Sebetulnya sudah lama ada permintaan warga (memangkas pohon), tapi baru dapat kami realisasikan hari ini (kemarin, Red) karena perlu dikoordinasikan dengan instansi terkait lebih dulu,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close