Madiun

Catatan Perjalanan Umrah Happy Cairo Bersama Ladima (9)

JAMAAH Group Umrah Happy Kairo (Hero) dan Umrah Arbain menjadi saksi bertambahnya usia Ladima Tour & Travel. Momen istimewa itu dirayakan di restoran Jasmin Pullman Zamzam Makkah. Berikut catatan Arfinanto Arsyadani dari Jawa Pos Radar Madiun.

Siang (1/4) itu, Restoran Jasmin Pullman Zamzam Makkah tampak beda. Lebih semarak dari hari-hari biasanya. Restoran yang berada di lantai M1 itu pada jadwal makan siang berlangsung dipenuhi balon warna-warni dipasang di meja makan, plafon, dan dinding tembok. Selain tampak semarak, dengan berhiaskan balon warna-warni itu ruangan restoran juga terlihat indah. ‘’Hari ini adalah Hari Ulang Tahun atau Milad ke-5 Ladima Tour & Travel. Alhamdulillah, dalam milad ini diapresiasi oleh manajemen Pullman Zamzam Makkah. Ruangan restoran untuk makan jamaah Ladima dihiasi balon warna-warni. Manajemen Pullman Zamzam Makah juga memberi hadiah roti ulang tahun untuk Ladima,’’ kata Hj Arie Juwariah, owner Ladima Tour & Travel.

Selain ada kue ulang tahun berukuran 1 meter x 50 centimeter bertuliskan Ladima sebanyak lima buah, siang itu juga ada nasi tumpeng berikut urap-urap, telor, gerih, dadar, tempe dan tahu goreng serta kering (adonan irisan tempe, teri, dan kacang tanah). Nasi tumpeng sangat diminati oleh para jamaah. Sebab, tumpeng tersebut dianggap menu asli Indonesia. Bukan menu Arab. Melihat ada menu Indonesia semua jamaah pun gembira ‘’Wooow ini yang cocok. Nasi tumpeng. Ada urap-urap, tempe goreng, dan tahu goreng. Ini yang enak, menu Indonesia,’’ kata para jamaah Group Umrah Happy Kairo (Hero) dan Umrah Arbain.

‘’Ayo-ayo silakan, mangga makan siang. Khusus hari ini ada tumpeng, urap-urap, dan lauknya masakan Indonesia,” ucap Mbak Arie kepada jamaahnya setelah potong tumpeng dan potong kue Milad ke-5 Ladima.

Tak pelak para jamaah pun menyerbu nasi tumpeng. Dalam hitungan singkat, nasi tumpeng dan lauk pauknya ludes. ‘’Waduh, ownernya nggak kebagian. Nasi tumpengnya sudah habis,’’ kata sejumlah jamaah ketika melihat tumpeng ludes dan owner belum makan karena masih sibuk menerima ucapan milad dan menyalami manajemen dan staf Hotel Pullman Zamzam.

Dalam potong tumpeng dan roti milad itu, owner Ladima Tour & Travel H Soenarwoto dan Hj Arie Juwariah didampingi Direktur Food dan Baverage Pullman Zamzam, Mr Karim Abb. Juga, sejumlah captain restoran di antaranya Mohammed Husein. Juga disaksikan puluhan jamaah Ladima, yakni Group Umrah Happy Kairo dan Umrah Arbain.

Bahkan jamaah travel lain dari Indonesia dan mancanegara pun ikut dalam acara syukuran Milad ke-5 Ladima tersebut. ‘’Ngikut nimbrung makan tumpengnya ya. Sudah kangen dengan menu Indonesia. Ladima itu travel mana ya. Kok keren banget. Bukan hanya hanya miladnya yang keren, tapi seragamnya yang pink-pink itu sangat menarik. Jamaahnya pun kompak,’’ ujar jamaah dari travel Jakarta.

Setelah mengetahui Ladima dari Madiun, jamaah asal Jakarta itu kaget. Sebab, meskipun travel dari daerah tapi pelayanan kepada jamaahnya cukup profesional dibandingkan travel dari kota-kota besar. Apalagi, jika dilihat umurnya masih lima tahun. ‘’Umurnya masih balita, tapi sudah bagus memberikan pelayanan kepada jamaah. Meski balita, tapi sudah lincah. Saya tahu rombongan jamaah umrah Ladima setiap bulan selalu tinggal di Hotel Pullman Zamzam,’’ puji Mr Karim Abb asal Maroko ini.

Mendengar pujian Mr Karim Abb ini Mbak Arie sebagai owner Ladima langsung mengucapkan terima kasih. Bukan hanya kepada Mr Karim semata, ucapan serupa juga disampaikan kepada jamaah dan pihak lain yang ikut mengapresiasi Milad ke-5 Ladima. Diakuinya, umur Ladima masih balita dibanding travel-travel lain yang sudah berumur puluhan tahun. ‘’Alhamdulillah, sekarang Ladima sudah berumur lima tahun. Meski baru lima tahun, insyaallah Ladima sudah bisa profesional dalam melayani jamaah umrah. Bukan hanya setiap bulan selalu mengantarkan rombongan umrah reguler, tapi juga rombongan Umrah Plus Turki, Dubai, dan Mesir. Juga pernah mengantar Tour Muslim Eropa Barat,’’ kata Mbak Arie.

Hal itu, sambungnya, tidak lepas dari kepercayaan dari jamaah. Untuk itu, ia berdoa agar bisa konsisten menjaga amanah atau kepercayaan jamaah. ‘’Ke depan, Ladima semoga tambah maju, bertambah banyak jamaahnya, dan tambah amanah dalam melayani jamaah,’’ panjat Mbak Arie. Amin. (*)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button