Cara Terjadinya Bunyi Pianika – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri
Satuan 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 93 3. Teknik Stacatto Saat Memainkan Piano Teknik stacatto saat bermain piano adalah memainkan nada-nada pendek dengan jeda. Catatan staccato ditandai dengan titik di bagian atas catatan. Cara memainkannya ada dua, yaitu dengan menekan sebentar tuts piano atau menggunakan lidah untuk mempersingkat aliran udara. Latihan 5, Cara Memainkan Stacatto Notes Latihan 6, Memainkan Stacatto Notes dalam sebuah Lagu Latihan 7, Memainkan Stacatto dan Legato Notes dalam sebuah Lagu
Cara Terjadinya Bunyi Pianika
Satuan 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 95 Cara membersihkan instrumen • Di dalam piano, tekan tombol di bagian bawah piano sambil ditiup hingga air di dalam piano keluar. • Hindari mencuci piano dengan air, cukup lap dengan kain. • Selang piano dapat dicuci dengan detergen dan kemudian dibilas dengan air, tetapi harus berhati-hati karena selang piano mudah bocor. Bahan Pengayaan Guru Online Kata Kunci: 1. Melodica World 2. Melodica Men 3. Pilihan Pianika 4. Langkah-Langkah Pembelajaran Persiapan Mengajar Bahan ajar yang harus disiapkan guru sebelum memulai kegiatan mengajar 2 adalah sebagai berikut: 1. Laptop 2. Alat audio (speaker) 3. Kegiatan pembelajaran dengan proyektor Prosedur pembelajaran ini merupakan panduan praktis bagi guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran Seni Musik yang efektif dan efisien secara mandiri di kelas masing-masing. Melalui prosedur pembelajaran yang disajikan, diharapkan guru dapat memperoleh inspirasi untuk lebih mampu mengembangkan dan mengubah kegiatan pembelajaran di kelasnya menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Setelah guru memahami tujuan pembelajaran dan mempersiapkan lingkungan belajar di atas, guru dapat melaksanakan prosedur pembelajaran sebagai berikut: Kegiatan Pembukaan 1. Di dalam kelas, guru secara acak memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk melakukan doa bersama sesuai agama dan kepercayaannya sebelum pelajaran berlangsung. 2. Setelah selesai berdoa¸ Guru memberikan penjelasan kegiatan pembukaan di atas, mengaitkannya dengan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan 3. Setelah selesai berdoa¸ Guru memberi salam dan membimbing siswa kelas untuk menyanyi. bersama
Ansambel Adalah: Klasifikasi, Pengelompokkan, Alat, Manfaat
96 Buku Pedoman Guru Musik Kelas 7 SMP 4. Guru menjelaskan tentang alat musik piano, bagian alat musik dan cara memainkannya. 5. Guru menjelaskan secara sederhana kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan pembelajaran. 6. Guru menyiapkan lingkungan belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan Inti 1. Guru menampilkan gambar dan/atau video yang terdapat pada link video pada bagian bahan pembelajaran dengan menggunakan laptop dan proyektor. 2. Siswa mendengarkan video ansambel piano dengan link kata kunci di Internet: • Becak • Dunia yang indah • Dora Emon 3. Guru memberikan petunjuk bagaimana proses bunyi alat musik piano dapat terjadi. 4. Guru meminta siswa untuk mencoba meletakkan piano tersebut di atas meja belajar. 5. Guru mendemonstrasikan posisi jari-jari dan memberikan petunjuk angka yang harus ditekan pada tuts keyboard piano. 6. Guru menegaskan cara membaca not dan memainkannya di atas piano. 7. Guru meminta peserta mempraktekkan latihan 1 dan 2. 8. Guru memberikan contoh menggunakan lagu yang dikenal siswa. Lagu-lagu tersebut dapat berupa lagu daerah atau lagu nasional dengan tingkat kesulitan yang relatif rendah hingga yang paling sulit. mengkoordinasikan ketukan dan memainkan tuts keyboard dengan baik sehingga dihasilkan nada yang tepat dengan tempo yang tepat, kemudian guru dapat memberikan instruksi bermain piano dengan dinamika dan artikulasi. 10. Siswa berlatih secara berkelompok.
Satuan 2 | Memainkan alat musik sederhana 97 Kegiatan Penutup 1. Guru mengevaluasi seluruh eksposisi pengalaman kegiatan yang ditransmisikan oleh setiap siswa. 2. Untuk persiapan pelajaran selanjutnya, guru mengulang kembali teknik bermain piano. 3. Selain itu, guru tidak lupa mengingat cara membersihkan alat musik piano. 4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan kesimpulan yang diambil dari proses pembelajaran tentang tingkah laku. 5. Guru menutup pelajaran dan secara bergiliran menawarkan kepada siswa lain kesempatan untuk berdoa bersama setelah pelajaran. Pengajaran alternatif 1. Alat peraga yang akan disiapkan dapat dilaksanakan jika unitnya dimiliki oleh guru atau sekolah. 2. VCD/DVD Karaoke Regional/Pop Nasional/Lagu Pop Indonesia. Dengan menggunakan pendamping akan membantu proses belajar siswa, mereka akan mengenal nada, irama dan juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Asesmen Asesmen dilakukan secara holistik dan sistematis pada seluruh kegiatan pembelajaran, baik pada kegiatan pembuka, inti maupun penutup. Selain itu, penilaian dilakukan dengan memperhatikan pencapaian hasil belajar, tujuan pembelajaran dan pencapaian sikap spiritual dan sosial, serta aspek keterampilan. Oleh karena itu, penilaian yang dapat dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran 2 meliputi: 1. Penilaian sikap Penilaian sikap ini dilakukan melalui pengamatan yang dilakukan oleh guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung 2. Penilaian sikap ini dilakukan secara berurutan. bagi guru agar dapat melihat kemampuan siswa dalam menampilkan sikap yang menunjukkan perilaku menjaga keutuhan NKRI dalam kehidupan sehari-hari (watak kewargaan). Pedoman penilaian yang dapat digunakan oleh guru adalah sebagai berikut:
98 Buku Pedoman Guru Seni Musik Kelas 7 SMP Tabel 2.2.1 Pedoman Penilaian PKn Nama Siswa : _________ NIS : _________ Kriteria Sangat Baik Baik Cukup Kurang Bersikap hormat kepada guru saat masuk di Kelas. sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing Refleksikan diri tentang perilaku menjaga persatuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberagaman yang ada di negara kesatuan republik Indonesia 2. Penilaian pengetahuan Penilaian pengetahuan dilakukan melalui tes pertanyaan yang dipimpin oleh guru yang baik Pilihan Ganda, Benar Salah, Esai, saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Asesmen pengetahuan ini dilakukan agar guru dapat melihat pengetahuan yang perlu dimiliki siswa untuk mendukung pembelajaran ini. Pedoman penilaian yang dapat digunakan guru adalah sebagai berikut : Tabel 2.2.2 Pedoman penilaian aspek pengetahuan (civic knowledge) Nama siswa : _________ NIS : ______________________ Kriteria Sangat Baik Baik Cukup Kurang Memahami langkah dan teknik interpretasi alat musik harmonik sederhana
Satuan 2 | Memainkan alat musik sederhana 99 3. Penilaian keterampilan Penilaian keterampilan ini diwujudkan melalui pengamatan yang dilakukan oleh guru selama kegiatan pembelajaran. Penilaian keterampilan ini dilakukan agar guru dapat melihat kemampuan siswa dalam menyajikan hasil temuan siswa secara akurat dan informatif Nama Peserta: _________ NIS: _________ Kriteria Sangat baik Baik Cukup kurang Mampu memainkan piano atau alat musik sederhana dengan teknik yang tepat Mampu melakukan senam jari dengan benar pada piano Mampu menyanyikan lagu daerah dengan melodi dan irama yang benar Guru refleksi guru adalah evaluasi yang dilakukan oleh guru sendiri terhadap pelajaran yang telah dilaksanakan. mulai dari saat persiapan¸ melaksanakan evaluasi kegiatan pengajaran 2. Refleksi guru ini bertujuan untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pengajaran yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran selanjutnya. Tabel 2.2.4 Pedoman refleksi guru No. Pertanyaan Jawaban 1 Apakah pemilihan perangkat pembelajaran mencerminkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai? 2 Apakah gaya penyampaian materi dapat mencapai pemahaman siswa? 3 Apakah pembelajaran umum dapat memahami pembelajaran yang ingin dicapai?
Lov) Cara Terjadinya Bunyi Pianika Saat Dimainkan
100 buku pedoman guru seni musik untuk kelas 7 gimnasium no. Pertanyaan Jawaban 4 Bukankah penerapan pembelajaran di luar norma? 5 Apakah pelaksanaan pembelajaran 2 hari ini dapat mendorong siswa untuk lebih semangat mengikuti pembelajaran selanjutnya? Tugas pengayaan dan tindak lanjut Agar siswa lebih memahami tujuan dan sasaran. Guru dapat membimbing siswa untuk membaca dan mempraktekkan materi yang diberikan. Contoh soal dari lembar kegiatan siswa (guru dapat mengajukan pertanyaan dalam berbagai bentuk) A. Pilihan Ganda Arah Kerja! Berilah tanda silang (X) untuk pilihan A, B, C atau D yang jawabannya benar! 1. Piano, recorder, guitar adalah alat musik yang sering dimainkan secara ensambel. Cara bermainnya ada yang di mekar dan dipilih. Proses pembuatan bunyi atau sumber bunyi dari alat musik piano disebut a.aerophone c.membranophone b.ideophone d.cordophone 2. Berhati-hatilah dan mainkan perlahan mengikuti not yang tertulis. Melodi di bawah ini merupakan bagian dari lagu yang berjudul: a. Striker yang Tidak Sabar (Cornel Simanjuntak) b. Halo Bandung (Ismail Marzuki) c. Negeriku (Mama Sud) d. Pada Matahari Terbit (W.R. Soepratman) 3. Tanda musik disebut: a.ferata c.crescendo b.legato d.decrescendo
Satuan 2 | Memainkan alat musik sederhana 101 4. Teknik memainkan musik dengan menghubungkan satu nada dengan nada lainnya tanpa putus disebut : a. legato c. susunan kata b. fermata d. staccato 5. Sebaiknya melodi dapat ditulis dengan jelas beserta tandanya. musik sehingga pemain dapat menyesuaikan apa yang tertulis. Terdapat tanda musik yang cara memainkannya adalah dengan menahan suara not tersebut agar lebih panjang. Tanda musik adalah a. appoggiatura c. stop b. penekanan d. channel B. Benar atau Salah Tentukan pernyataan di bawah ini Benar atau Salah! 1. Tanda tangan musik staccato harus jalan
Cara mengobati nafas bunyi, cara menghilangkan nafas bunyi, syarat terjadinya bunyi, proses terjadinya bunyi bahasa, cara mencegah terjadinya jerawat, bunyi pianika, cara mencegah terjadinya stroke, terjadinya bunyi, proses terjadinya bunyi, mekanisme terjadinya bunyi korotkoff, cara mengatasi nafas bunyi, cara mencegah terjadinya kehamilan