News

Cara Perkembangbiakan Wortel

×

Cara Perkembangbiakan Wortel

Share this article

Cara Perkembangbiakan Wortel – Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan berkembang biak. Tidak masalah, alasan tumbuhan berkembang biak adalah untuk mempertahankan pertumbuhan spesiesnya di dunia dan manusia dapat melindunginya. Tumbuhan berkembang biak dengan dua cara, yaitu reproduktif dan vegetatif. Apa perbedaan perbanyakan vegetatif dan perbanyakan vegetatif?

Perkembangbiakan alami mengacu pada perkembangbiakan melalui proses perkawinan, perkembangbiakan alami pada tumbuhan diawali dengan terbentuknya bunga. Bunganya mempunyai benang sari sebagai alat kelamin jantan, dan putik sebagai alat kelamin betina.

Cara Perkembangbiakan Wortel

Benang sari (alat kelamin jantan) menghasilkan polen atau serbuk sari. Serbuk sari ini kemudian jatuh pada putik (alat kelamin betina). Di putiknya terdapat sebutir telur yang berisi sebutir telur. Jika serbuk sari mencapai telur dan peristiwa itu terjadi, benih akan terbentuk yang akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Soal & Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 Hal 124, Nama Nama Bagian Tanaman Yang Biasa Dimakan

Proses penyerbukan merupakan langkah penting dalam reproduksi tanaman (melalui perkawinan). Berikut beberapa cara penyerbukan tanaman yang perlu Anda ketahui:

Penyerbukan sendiri, disebut juga penyerbukan bunga, adalah proses menempelnya serbuk sari suatu bunga langsung ke putik pada bunga yang sama. Dalam proses ini, penyerbukan terjadi pada satu bunga yang tumbuh. Contoh tumbuhan penyerbuk sendiri antara lain bunga mangga, jambu biji, rambutan, dan kupu-kupu.

Pada tumbuhan mangga, bunga mangga memiliki alat reproduksi jantan (benang sari) dan alat reproduksi betina (putik) pada bunga yang sama. Serbuk sari dari benang sari jatuh secara alami pada putik bunga yang sama. Proses ini memungkinkan terjadinya pembuahan dan pembentukan biji dalam satu bunga.

Hal yang sama juga terjadi pada bunga jambu biji, rambutan, dan kupu-kupu. Bunga ini memiliki ciri-ciri yaitu mampu melakukan penyerbukan sendiri. Serbuk sari dari benang sari menempel langsung ke putik di bunga yang sama, memungkinkan penyatuan sel reproduksi jantan dan betina.

Perkembangbiakan Tanaman Pada Gambar Adalah A Biji B Akar C Batang D Daun Perkembangbiakan Vegetatif Yang

Penyerbukan lokal disebut juga penyerbukan tetangga, yaitu penyerbukan antar bunga pada tumbuhan atau pohon yang sama. Dalam penyerbukan, serbuk sari dari satu bunga jatuh dan menempel pada putik bunga lain pada tumbuhan yang sama. Contoh tanaman yang merusak tetangga adalah jagung, padi, dan kelapa sawit.

Penyerbukan lokal dapat terjadi secara alami dengan bantuan angin, serangga atau faktor lingkungan lainnya. Angin dapat membawa serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya pada tumbuhan yang sama. Serangga seperti lebah, kupu-kupu, atau serangga lainnya dapat berperan dalam membawa serbuk sari di antara bunga yang berbeda pada tanaman yang sama.

Baca Juga  Burung Berkembang Biak Dengan Cara

Penyerbukan silang (allogami) adalah suatu proses penyerbukan dimana serbuk sari dari suatu bunga tumbuhan jatuh ke putik bunga tumbuhan lain yang masih dari jenis tumbuhan yang sama. Pada penyerbukan silang terjadi pertemuan antara sel reproduksi jantan dan betina dari tumbuhan berbeda yang masih sama.

Misalnya, pada tanaman tomat, serbuk sari dari bunga tanaman tomat lain jatuh ke putik bunga tanaman tomat lain.

Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Perkawinan silang dapat terjadi ketika serbuk sari bertemu dengan kepala putik bunga dan tanaman lain. Contohnya adalah penyerbukan antara mangga arumanis dan mangga manalagi, jambu batu merah dan jambu batu putih, dan masih banyak lainnya yang dapat menghasilkan varietas dengan rasa, tekstur, dan warna yang berbeda.

Penyerbukan dengan bantuan angin terjadi apabila angin meniupkan serbuk sari dari suatu bunga, kemudian benang sari jatuh ke putik bunga yang lain.

Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dengan bantuan angin adalah pohon pinus, padi, jagung dan rerumputan seperti rumput gajah dan melon.

Penyerbukan dengan bantuan air terjadi ketika serbuk sari jatuh pada putik bunga melalui penggunaan air. Sebagian besar tumbuhan yang penyerbukannya dengan bantuan air adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan air.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 34 35: Cara Berkembang Biak

Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dengan bantuan air adalah alga, pakis air, dan tumbuhan lahan basah seperti talas.

Penyerbukan hewan, atau zoidiogami, terjadi ketika serbuk sari mendarat di putik bunga oleh hewan. Penyerbuk dapat berupa serangga, burung, mamalia atau hewan kecil lainnya.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan hewan antara lain bunga matahari (Helianthus annuus) yang menarik perhatian lebah, dan anggrek (Orchidaceae) yang menarik perhatian lebah, ngengat, atau burung kolibri.

Penyerbukan yang dibantu manusia terjadi ketika serbuk sari jatuh pada kepala putik bunga dengan bantuan tangan manusia. Metode penyerbukan manusia ini digunakan dalam pertanian, hortikultura, atau proyek penelitian untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Macam Macam Perkembangbiakan Vegetatif Alami Yang Perlu Diketahui

Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan pada tumbuhan tanpa pembiakan atau penyerbukan. Perbanyakan tanaman pada tanaman terbagi menjadi dua kategori yaitu tanaman alami dan buatan.

Perbanyakan vegetatif secara alami adalah suatu proses dimana tumbuhan berkembang biak dan menghasilkan individu baru secara alami tanpa penyerbukan atau perkawinan dan tanpa campur tangan manusia.

Perbanyakan ini menggunakan bagian pucuk yang tumbuh di tanah. Pisang adalah salah satu contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan bertunas. Pohon pisang yang sudah tumbuh miring menjadi pohon pisang kecil. Pohon pisang muda adalah orang baru yang disebut kuncup.

Pohon pisang hanya berbuah satu kali. Setelah memakan buah pisang tersebut, dia meninggal. Untuk mempertahankan hidupnya, pohon pisang berkembang biak dengan akar di dalam tanah dan sebagai hasilnya tumbuh pisang kecil yang disebut pucuk. Selain pohon pisang yang bisa beregenerasi dengan mulai ada adalah tebu, bambu dan aglonema.

Baca Juga  Suatu Larutan Yang Dibuat Dengan Melarutkan 1 Mol Na2so4

Tahap Pertumbuhan Tanaman Wortel Elemen Infografis Tumbuh Proses Wortel Dari Biji Kecambah Untuk Taproot Matang Siklus Hidup Tanaman Dua Tahunan Terisolasi Pada Latar Belakang Putih Vektor Ilustrasi Datar Ilustrasi Stok

Pohon timbul adalah pucuk yang tumbuh di sisi daun yang kemudian tumbuh akar. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan pucuk yang menarik adalah tanaman Cocor Bebek.

Pada tanaman Cocor Bebek, tunas tumbuh pada bagian tepi daun yang mempunyai akar. Tunas itu akan tumbuh menjadi manusia baru. Jika kita ingin menanam Cocor Bebek, yang perlu kita lakukan adalah mengambil daun Cocor Bebek, lalu menaruhnya di tanah, maka akan tumbuh tunas-tunas baru dari daun tersebut.

Sisa akar merupakan cara lain untuk memperbanyak tanaman secara seksual (tanpa mengikuti sistem perkawinan) atau dengan cara stek. Akarnya disebut juga Rizhoma atau rimpang. Akar yang tersisa merupakan akar yang berada di dalam tanah, akar tersebut kemudian berkembang menjadi batang dan daun.

Sebagian akar jahe sebaiknya dipotong dan ditanam kembali, nanti potongan tersebut bertunas dan menghasilkan minyak serta daun, sehingga menjadi tanaman jahe baru.

Wortel Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Coba perhatikan gambar bawang merah diatas. Tanaman yang menggunakan cara perkembangbiakan ini, seperti bawang merah, bawang putih, bawang merah, atau tulip, memiliki umbi yang berlapis-lapis.

Prosesnya dimulai saat umbi tumbuh menjadi tanaman besar. Di bagian bawah umbi terdapat akar dan di bagian atas terdapat daun. Dalam masa pertumbuhannya, umbi-umbian ini dapat memunculkan tunas-tunas baru yang disebut umbi-umbian. Umbi ini tumbuh di sekitar umbi besar dan memiliki lapisan serupa.

Ketika umbi utama mencapai usia beberapa tahun, umbi kecil yang tumbuh di sekitarnya telah tumbuh dan cukup besar untuk bertahan hidup sendiri. Saat ini umbi induk sudah bisa digali dari dalam tanah dan dipisahkan dari umbi akarnya. Umbi berukuran besar ini dapat dimanfaatkan untuk dimakan atau ditransplantasikan untuk dijadikan tanaman baru.

Perbanyakan tanaman dengan menggunakan umbi akar merupakan salah satu bentuk perbanyakan tanaman secara alami dimana tanaman menghasilkan umbi pada bagian akar. Umbi yang dihasilkan berfungsi sebagai penyimpan makanan dan dapat tumbuh menjadi tanaman baru jika kita menanamnya dengan root stock. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah wortel, lobak, singkong dan lain-lain.

Baca Juga  Luqman Al Hakim Putra Dari

E Modul Ipa Smp

Pada perbanyakan akar umbi, tanaman tumbuh dan akarnya berkembang menjadi umbi. Umbi mengandung sumber makanan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman baru. Bila kondisi lingkungan baik, akar umbi akan memunculkan tunas baru yang muncul di atas permukaan tanah.

Tunas yang muncul dari akar umbi tumbuh menjadi batang, daun dan akar baru sehingga menghasilkan tanaman mandiri. Pabrik baru ini berpotensi untuk terus tumbuh dan menghasilkan umbi-umbian baru di masa depan.

Tumbuhan merupakan akar yang tumbuh di dalam tanah yang lama kelamaan tumbuh menjadi umbi-umbian yang berfungsi sebagai alat penyimpan makanan. Beberapa contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah kentang (Solanum tuberosum) dan ubi jalar (Ipomoea batatas).

Geragiah atau stolon adalah batang yang tumbuh tinggi di atas permukaan tanah. Tumbuhan memanfaatkan tumbuhan alami melalui stolon sehingga menimbulkan tunas baru di beberapa tempat. Tunas-tunas ini mengembangkan akar baru saat menyentuh tanah, menghasilkan individu-individu baru yang berbeda dari tanaman induknya.

Bahan Ajar Kelas 6 Tema 1

Perkembangbiakan tumbuhan dengan spora merupakan perkembangbiakan dimana tumbuhan menghasilkan dan mengeluarkan spora sebagai satuan (bagian kecil) yang digunakan untuk bagian reproduksinya. Spora adalah struktur kecil yang berfungsi sebagai alat untuk menghasilkan keturunan baru. Proses reproduksi spora terjadi pada beberapa kelompok tumbuhan, seperti lumut, pakis, jamur, dan beberapa kelompok alga. Nah, itulah beberapa cara perbanyakan vegetatif yang telah disebutkan sebelumnya, antara lain melalui tunas, tunas menarik, akar lain (rhizoma), umbi, umbi akar, umbi, stolon, dan spora.

Perbanyakan tanaman secara buatan merupakan suatu proses perbanyakan tanaman tanpa penyerbukan atau perkawinan, dan dilakukan dengan bantuan manusia. Tujuan dari cara ini adalah menghasilkan tanaman baru yang berkualitas baik, cepat berbuah, menghasilkan rasa buah yang diinginkan, dan tahan terhadap penyakit. Beberapa contoh cara perbanyakan tanaman buatan antara lain okulasi, tebangan, merunduk, tempel, dan okulasi.

Pernahkah Anda menemukan dahan pohon yang terbungkus plastik putih penuh tanah seperti gambar di atas? Apa tujuan sebenarnya dari tindakan ini?

Contoh di atas adalah okulasi. Pembuatan tanah merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara mencabut dahan pohon hingga air kambiumnya jernih, kemudian lapisan tersebut ditutup dengan tanah dan humus, serta dibungkus dengan plastik sebelum diikat. Untuk lebih memahami prosesnya

Cara Tanaman Wortel Berkembang Biak, Generatif Dan Vegetatif, Kelas 6 Tema 1

Cara perkembangbiakan, cara perkembangbiakan kupu kupu, cara perkembangbiakan anggrek, cara perkembangbiakan lumut, cara perkembangbiakan jamur, cara perkembangbiakan komodo, cara perkembangbiakan hewan, cara perkembangbiakan tikus, cara perkembangbiakan kutu rambut, cara perkembangbiakan tumbuhan, cara perkembangbiakan tumbuhan paku, cara perkembangbiakan ikan koi