Pacitan

Capain Vaksinasi Pacitan Rendah, Plt Kadinkes: Baru 19 Persen

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Status PPKM Pacitan sepertinya sulit turun. Karena sampai saat ini capaian vaksinasi yang dijalankan oleh daerah tersebut masih berkutat sekitar 19 persen. Sementara, pemerintah mensyaratkan level PPKM di suatu daerah turun ke level 2 apabila capaian vaksinasi tembus 70 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Hendra Purwaka tak menampik vaksinasi berjalan lamban. Lambatnya progres itu lebih disebabkan minimnya jatah vaksin yang terdistribusi ke kabupaten ini. ‘’Kiriman kita tidak menentu. Kadang dua ribu, kadang tujuh ratus. Terkadang seminggu sekali baru dikirim,’’ ungkapnya, Rabu (15/9).

Sejatinya, Pacitan ditarget 5 ribu vaksin dalam sehari. Namun, target itu tak ditunjang distribusi yang mumpuni. Suplai dosisnya bergantung kiriman dari pemprov maupun kementerian. Pemkab sendiri tak diizinkan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin. ‘’Stok kita saat ini cukup untuk dosis kedua yang ditargetkan dua hari ini,’’ ujarnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button