Ponorogo

Camat Pudak Janji Carikan Solusi Pencemaran Limbah Ternak

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kecamatan Pudak tak tinggal diam menyikapi pencemaran limbah ternak di wilayahnya. Sebelum problem lingkungan itu semakin besar, sentra peternakan bakal diimbangi pengolahan limbah yang mumpuni. ‘’Kami sudah berkoordinasi dengan para Kades yang wilayahnya menjadi sentra peternakan sapi,’’ kata Camat Pudak Sunaryo, Jumat (3/9).

Kotoran sapi bakal disedot dan diangkut mobil untuk ditampung ke tempat yang disediakan. Setelah itu dimanfaatkan menjadi apa saja. Salah satunya biogas. Sebenarnya, masyarakat sudah menyediakan alat biogas secara swadaya. Selain bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo. ‘’Karena jumlahnya masih sedikit, jadi tidak bisa maksimal. Alatnya belum menjangkau semua peternak,’’ ujarnya.

Tahun depan, pihak kecamatan juga bakal mengarahkan desa untuk menganggarkan pengadaan alat biogas lewat APBDes masing-masing. Saat ini tiap desa sedang menyusun rencana kerja pemerintah (RKP). Pihak kecamatan juga menggaet SMK Balong untuk merintis pengolahan limbah. ‘’Kami pun bekerja sama dengan beberapa instansi,’’ terangnya. (mg7/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button