Mejayan

Cairkan Bantuan PKH Tahap Akhir

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Bantuan program keluarga harapan (PKH) diterima oleh sekitar 60 ribu warga Kabupaten Madiun. Bantuan sosial (bansos) itu merupakan pencairan tahap terakhir pada tahun ini. Selain itu, dari segi jumlah penerima manfaat mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Pada 2018, keluarga penerima manfaat (KPM) program tersebut mencapai sekitar 100 ribu. Jumlah penerima itu berdasarkan data LPSK 2011. ‘’Jadi, banyak pengurangannya. Karena setelah dilakukan sidak secara langsung tidak sedikit masyarakat mampu yang masih memperolehnya,’’ kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Madiun Erwina Purnamasari.

Dalam pencairan tahap keempat ini terbagi menjadi dua kategori. Kategori pertama sebanyak 28.180 KPM mendapatkan bantuan berupa uang. Lalu, 42.192 KPM lainnya menerima bantuan berupa kebutuhan pokok. ‘’Untuk regulernya sebesar Rp 550 ribu setiap periodenya. Sedangkan, yang memiliki anak sekolah bisa mendapatkan Rp 900 ribu setiap tahunnya,’’ papar Erwina.

Selain itu, para KPM akan diberikan jaminan kesehatan secara gratis kelas III. ‘’Tapi, bisa saja semua bentuk bantuan itu distop kalau yang bersangkutan sudah mampu,’’ terang Erwina. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button