Madiun

Cahaya Surga Pembawa Rezeki dan Kebahagiaan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Nuansa Imlek 2571 semakin kental. Berbagai pernak-pernik menghiasi berbagai sudut Kota Madiun. Terutama di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong, Jalan Cokroaminoto. Ratusan lampion terpasang di dalam maupun jalan depan pintu masuk kelenteng.

Semarak menyambut tahun baru tikus logam kali ini jadi berkah toko yang menjual pernak-pernik Imlek. A Hong, salah seorang pemilik toko di Jalan Kutai, dibanjiri pembeli lampion, kartu ucapan, angpao, kue keranjang, dan sebagainya. ‘’Tidak hanya orang Tionghoa dan umat Tri Dharma, tapi juga masyarakat umum,’’ katanya Kamis (23/1).

Suyatno, nama lain A Hong, menyebut tradisi Tionghoa meyakini lampu yang bernama asli deng long itu merupakan gambaran cahaya surga. ‘’Lampion itu dapat menjadi penerang kehidupan, pembawa kebahagiaan, dan rezeki,’’ ujarnya.

Sesuai keyakinan Tionghoa pula, memasang lampion jelang Imlek di depan rumah, toko, atau kantor dapat mendatangkan kebahagiaan, kesuksesan, kesejahteraan, dan kesehatan. ‘’Tulisan di lampion selain ucapan Gong Xi Fa Cai juga doa-doa kelancaran rezeki,’’ tuturnya.

Warna merah yang mendominasi lampion juga diyakini sebagai hoki bagi masyarakat Tionghoa. Sedangkan tali-tali di bawah lampion berwarna kuning bermakna keselamatan. ‘’Pemasangan lampion itu doa agar rezeki lancar dan tetap sehat,’’ pungkasnya. (mg1/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close