Ngawi

Caesar 155 Singgahi Alun-Alun Merdeka Jadi Objek Swafoto Warga

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemandangan di Alun-Alun Merdeka Jumat pagi (15/11) lain dari biasanya. Puluhan meriam 155 Caesar milik Yonarmed 12 Kostrad Ngawi berjajar di jalan bagian tengah lokasi itu. Moncong senjata tersebut berkali-kali bergerak seolah sedang membidik target.

Tidak jauh dari alutsista canggih tersebut tampak sejumlah tentara berjaga. ‘’Ini sedang pemanasan rutin meriam 155 Caesar,’’ ujar Letda Putra Aditya Permana, pasiops Yon Armed 12 Kostrad Ngawi.

Dia menjelaskan, meriam Caesar membutuhkan perawatan rutin. Kali ini, senjata  buatan PT Nexter, Prancis, itu dicek kondisi sistem hidrolisnya. ‘’Kami jalankan, termasuk melihat sistem kelistrikannya,’’ paparnya kepada Radar Ngawi.

Sekadar diketahui, meriam Caesar 155 didatangkan ke Indonesia pada 2014 lalu. Di tanah air, hanya dua batalyon -Yonarmed 12 dan Yonarmed 9- yang memiliki alusista tersebut. Caesar yang memiliki kaliber 155 milimeter itu memiliki jangkauan tembak sejauh 39 kilometer. ‘’Kalau untuk latihan tembak biasanya kami lakukan di Lumajang,’’ tambahnya.

Komandan Yon Armed 12 Kostrad Ngawi Letkol Arm Ronald F Siwabessy menjelaskan, pemanasan meriam tersebut terbagi dua jenis. Selain di lokasi, dilakukan secara on road berkeliling. Kemarin, misalnya, berputar dari markas serta melintasi ring road dan alun-alun dengan jarak total sekitar 20 kilometer. ‘’Perawatan, sekaligus melancarkan sistem kerja hidrolik pada meriam,’’ paparnya.

Singgahnya Caesar 155 di alun-alun tak pelak mengundang perhatian warga. Tidak sedikit di antaranya yang berswafoto di dekat meriam tersebut. ‘’Jarang-jarang bisa lihat meriam dari jarak dekat seperti ini,’’ ucap Teguh, salah seorang pengunjung alun-alun. (gen/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button