MadiunSport

Cabor Tinju Kota Madiun Kirim Tiga Atlet ke Porprov VI

MADIUN – Tiga petinju amatir Kota Karismatik bakal berlaga di Porprov VI Jawa Timur. Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Madiun mematok target lolos tiga besar. Tidak mudah, namun cabang para atlet akan berjuang maksimal. ’’Targetnya emas, perak, atau perunggu,’’ kata Muhartono, sekretaris Pertina Kota Madiun.

Persiapan cabor tinju dimulai sejak Januari lalu. Yakni, latihan tiga kali dalam sepekan. Makin mendekati porprov, porsi latihan ditambah. Yakni, menjadi tujuh kali dalam sepekan. ‘’Selesai Lebaran latihan dua kali dalam sehari. Pagi fisik, sore latihan di sasana,’’ ujar Totok, sapaan akrab Muhartono.

Dia menambahkan, sejak seminggu lalu Ido Sahputra dkk dikarantina. Hal itu dilakukan agar jam istirahat dan pola makan para atlet terkontrol. ’’Jam 21.00 sudah harus tidur. Atlet tidak boleh tidur terlalu malam, karena memengaruhi kondisi fisik,’’ jelas pria 49 tahun itu.

Atlet besutan Rachman Priyono dan Yudi Ananto itu ada yang sudah sering mengikuti kejuaraan, ada yang belum. Ido Sahputra sudah nyemplung di dunia tinju sejak kelas lima SD. Sedangkan Alif Cakra Tirta mulai SMA kelas XI. Kini mereka sama-sama sudah lulus SMA. ’’Kalau Anjas baru setahun bergabung, dan ini pertama kalinya bertanding,’’ ujar Yudi.

Cabor tinju setidaknya mengirim tiga atlet. Seluruhnya kelahiran Kota Madiun. Yudi menyebut bahwa lawan yang perlu diwaspadai adalah Kota Malang dan Kota Batu. ’’Kalau tidak salah, mereka ada yang mengambil pemain dari luar Jawa Timur, tapi sudah dipindah KK-nya,’’ terangnya.

Namun, hal itu tidak membuat atlet Kota Madiun menciut. Mereka justru berlatih keras agar siap menghadapi siapa pun rivalnya. Sedangkan untuk pembibitan atlet tinju, pria 50 tahun itu mengatakan melalui orang-orang yang hobi tinju. ’’Mereka mengajak anaknya, saudaranya, bisa tetangganya,’’ ungkapnya. (mgd/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button