Advertorial

Butuh 250 Karyawan, PT Astra Otoparts Rekrut Lulusan SMK Pemkab

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dengan PT Astra Otoparts ternyata sudah bermitra lama. Belasan tahun sudah SMK Pemkab memenuhi kebutuhan karyawan perusahaan suku cadang mobil dan sepeda motor itu. ‘’Kami bermitra dengan PT Astra Otoparts sejak tahun 2008, selalu ada rekrutmen berkala yang diikuti lulusan SMK Pemkab,’’ kata Kepala SMK Pemkab Ponorogo Erwin Yusnarno, ST.

Bahkan, PT Astra Otoparts rela menjemput bola dengan langsung menggelar rekrutmen 250 karyawan di SMK Pemkab selama dua hari pada 23 Juni dan 24 Juni 2021. Erwin mengikutsertakan 250 lulusan sekolahnya tahun ini untuk mengikuti seleksi dengan metode komputerisasi via online itu. Peserta sebelumnya harus menjalani tahapan tes psikotes dan wawancara dengan user sebelum menjalani tes jasmani dan kesehatan. ‘’Jadwal rekrutmen tahun ini termasuk mundur, biasanya berlangsung setiap awal tahun,’’ jelas Erwin sembari menyebut kendala pandemi Covid-19.

Pihaknya optimistis separo dari 250 kebutuhan karyawan PT Astra Otoparts tercukupi dari alumni SMK Pemkab Ponorogo. Sebuah keberuntungan yang didapat sekolah menengah kejuruan beralamat di Jalan Niken Gandini Setono Ponorogo itu. Jika rekrutmen dilakukan secara terbuka, jumlah peserta bakal membludak lantaran lulusan SMK di seantero Madiun hingga Kediri akan ikut serta. ‘’Pernah tercatat 1.500 peserta rekrutmen,’’ terang Erwin.

Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Pemkab Ponorogo Heny Prastiwi, S.Pd mengaku lebih senang dengan metode rekrutmen komputerisasi kali ini. Tanpa butuh waktu lama mengetahui nilai masing-masing peserta tes karena langsung muncul di layar monitor. Heny menyebut pola rekrutmen ala digital juga ideal diterapkan di luar masa pandemi. Dia bersyukur ratusan peserta rekrutmen yang notabene lulusan SMK Pemkab cepat beradaptasi dengan metode komputerisasi itu. ‘’Dunia digital berkembang cepat, siswa SMK Pemkab Ponorogo mampu selalu update teknologi,’’ ungkap Heny.

Menurut Waka Humas dan Kesiswaan SMK Pemkab Ponorogo Inge Hollyvia,S.Hi.S.Pd, rekrutmen PT Astra Otoparts menjadi bukti nyata kepedulian sekolahnya terhadap masa depan peserta didik. Meskipun di era pandemi, lulusan tetap harus terserap di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). ‘’Selain mengajarkan ilmu sebagai mestinya, sekolah juga menanamkan pendidikan karakter serta berupaya mencarikan peluang lapangan kerja bagi siswanya,’’ urainya. (fac/hw/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button