Magetan

Butuh 1 Miliar Rehab Pasar Panekan, Diusulkan Dapat DAK Tahun 2020

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kesabaran ratusan pedagang Pasar Panekan sedang diuji. Menyusul belum jelasnya revitalisasi pasar tradisional tersebut tahun ini. Sementara dari segi kondisi, bangunan pasar sudah overkapasitas dan tidak layak. Kasi Sarana dan Prasarana Disperindag Magetan Darmadji menyatakan, revitalisasi Pasar Panekan memang belum teranggarkan tahun ini. Dia memperkirakan paling cepat perbaikan pasar dilakukan tahun depan. ‘’Kami usahakan menggunakan dana alokasi khusus (DAK),’’ katanya Rabu (24/7).

Darmadji tak menampik Pasar Panekan mengalami overkapasitas. Karena ada 135 pedagang yang harus berbagi fasilitas lapak, tempat, dan tujuh kios di pasar tersebut. ‘’Anggaran revitalisasi Pasar Panekan diperkirakan membutuhkan sekitar Rp 1 miliar,’’ ungkapnya.

Disperindag sebenarnya sudah pernah mengajukan pemeliharaan Pasar Panekan tahun lalu. Nilainya sebesar Rp 200 juta bersumber dari DAK. Namun, proyek itu gagal terlaksana. Karena lelang paket kegiatan tersebut tidak mencukupi batas waktu pemasukan nomor kontrak pada online monitoring sistem perbendaharaan dan anggaran negara (OM-SPAN). ‘’Belum lagi, dana yang kami terima harus dibagi-bagi dengan pasar lain. Sebisa mungkin dimaksimalkan,’’ tandas Darmadji. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button