Madiun

Bupati Siapkan Sanksi bagi Pembuang Sampah di Sungai

Segera Susun Perbup

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Ibarat anak yang harus dicubit agar patuh. Bupati Madiun Ahmad Dawami menyiapkan sanksi bagi pembuang sampah di sungai. Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat itu bakal tersusun dalam peraturan bupati (perbup). ‘’Sebelum diterapkan, nanti ada sosialisasi dan teguran keras,’’ kata Bupati Madiun Ahmad Dawami.

Niatan menyusun perbup mencuat kala Kaji Mbing, sapaan bupati, mendapati banyak sampah di sungai. Limbah rumah tangga itu dikhawatirkan mengganggu aliran sungai hingga menyebabkan banjir. Bupati juga memerintahkan seluruh jajarannya untuk kerja bakti membersihkan sampah di sungai dan lingkungan, Sabtu lalu (24/10). ‘’Setelah kegiatan kerja bakti ini, secepat mungkin dibuat regulasi tentang masalah sampah,’’ ujarnya.

Kaji Mbing menyebut, prasarana tempat pembuangan sampah (TPS) sementara juga bakal ditambah. Pun program bank sampah akan dimaksimalkan. ‘’Pemilahan sampah organik dengan non-organik dilakukan langsung di lingkungan masyarakat,’’ ucapnya. (mg4/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button