Pacitan

Bupati Pacitan Palsu Janjikan Bantuan Modal di Facebook

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Semakin tinggi pohon semakin kencang angin menerpa. Belum genap 100 hari menjabat bupati Pacitan, identitas Indrata Nur Bayuaji kembali dipalsu orang. Baru meredup penipuan yang mencatut namanya lewat akun WhatsApp beberapa waktu lalu, kini muncul Facebook mengatasnamakan Indrata Nur Bayuaji.

Kloning akun KW (palsu) di media sosial itu kali pertama disadari Aji –sapaan Indrata Nur Bayuaji– pada 2 Juni silam. Persis sehari setelah akun abal-abal itu dibuat. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, bupati pun cepat-cepat memberikan klarifikasi. Untuk membedakan akun asli dengan versi bajakan, Aji memajang tangkapan layar akun Facebook abal-abal tersebut. ‘’Nama saya tidak ada spasinya (Bayuaji, Red),’’ tegasnya, Rabu (9/6).

Tak jauh berbeda dari aksi pencatutan Mei silam, posting-an akun Facebook Aji KW itu sempat menawarkan bantuan pinjaman modal usaha bagi warga Pacitan. Disertai embel-embel program Covid-19 dengan bunga 0 persen. Juga, biaya subsidi atau angsuran sebesar 50 persen per bulan selama Covid-19. ‘’Hati-hati muncul akun fake mengatasnamakan saya. Posting-annya tidak benar,’’ bebernya.

Aji mengimbau masyarakat tidak teperdaya dengan tipu-tipu mengatasnamakan dirinya. Setiap informasi yang terbaca harap dicermati dengan bijaksana. Jika mencurigakan, apalagi disertai meminta uang atau barang, sebaiknya diabaikan. ‘’Seluruh prosedur penyaluran bantuan dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku,’’ ujarnya. (gen/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button