Advertorial

Bupati Madiun Ajak Sukseskan Pelaporan SPT Tahunan

CARUBAN, Jawa Pos Radar Madiun – Pajak memiliki peran besar dalam penanganan Covid-19. Sebab, penerimaan pajak digunakan untuk menangani pandemi maupun pemulihan ekonomi. ‘’Pembayaran pajak dalam masa pandemi Covid-19 banyak digunakan untuk kesehatan, sosial, pendidikan dan pemulihan ekonomi,’’ jelas Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Madiun, Santoso Dwi Prasetyo.

Penggunaan pajak di bidang kesehatan meliputi pengobatan dan pencegahan virus Covid-19 melalui pemberian masker, tes Covid-19, penyediaan obat, vitamin serta vaksin gratis kepada masyarakat. Bidang sosial mencakup bantuan secara tunai maupun nontunai kepada warga yang terdampak melalui berbagai program dari pemerintah pusat dan daerah. ‘’Untuk pemulihan ekonomi, selain bantuan modal kepada UMKM juga pemberian insentif dan kemudahan kepada pelaku usaha,’’ ungkapnya.

Dia menyebut, kewajiban pemenuhan perpajakan tidak hanya berlaku untuk masyarakat umum tetapi juga para pejabat pemerintahan, baik itu eksekutif maupun yudikatif. Bupati Madiun Ahmad Dawami yang juga kepala daerah di Pemkab Madiun turut melakukan pemenuhan kewajiban perpajakan. Yakni berupa pelaporan SPT Tahunan PPh melalui sarana online (E-filing). ‘’Saya mengajak masyarakat Kabupaten Madiun untuk segera melakukan pelaporan pajak. Pasalnya batas waktu pelaporan sampai dengan akhir Maret,’’ ajak Ahmad Dawami.

Pelaporan disarankan menggunakan sarana online. Selain mudah dan cepat, metode ini juga membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Sebab, pelaporan tidak melalui tatap muka langsung. Kaji Mbing-sapaan akrab Ahmad Dawami – mengapresiasi KPP Pratama Madiun yang telah menyediakan layanan dan konsultasi online yang membantu masyarakat melakukan pembayaran dan pelaporan pajak, yaitu Kahyangan (tatap muka via zoom meeting). ‘’Selaku kepala daerah, saya juga mendukung penuh KPP Pratama Madiun menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM),’’ pungkasnya.

Untuk layanan online pelaporan SPT Tahunan bagi wajib pajak (WP) yang disediakan KPP Pratama Madiun berupa Kahyangan. Yakni, layanan virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan ID: 621 621 9909 Password: tptonline setiap hari kerja mulai pukul 10.00 WIB dan Jaladara (layanan secara online dengan chating melalui aplikasi Whatsapp dengan mengunjungi https://kpp621.id/spttahunan). Diharapkan dapat dimanfaatkan WP sehingga tidak perlu datang ke KPP Pratama Madiun. (fit/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button