Advertorial

Bupati Kanang Sukses Dorong Kemajuan Desa

Majukan Desa lewat Mbahkung Mbangun Deso

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ngawi kini telah berstatus daerah zero desa tertinggal. Sebaliknya, jumlah desa maju dan mandiri semakin meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini jumlah desa maju di Bumi Orek-Orek sebanyak 51. Sedangkan desa mandiri ada tujuh. Padahal, tiga tahun hanya 23 desa yang masuk kategori maju dan tiga mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabul Tunggul Winarno mengatakan, capaian tersebut tak lepas dari program “Mbahkung Mbangun Deso’’ yang diinisiasi oleh Bupati Budi “Kanang” Sulistyono. Itu sesuai indeks desa membangun (IDM) berdasarkan Keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 52 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Nomor 30 Tahun 2016 tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa. ‘’Membangun daerah melalui pedesaan. Caranya dengan memadukan ADD dan DD untuk pembangunan infrastruktur pendukung perekonomian warga desa,’’ ujarnya Rabu (20/1).

Kendati demikian, Kabul menilai infrastruktur saja tak cukup. Warga harus diberdayakan dengan cara menggali potensi yang ada di desa masing-masing. Mulai mengembangkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga memaksimalkan potensi wisata. Mereka didukung permodalan maupun sarana promosi. Termasuk dibuatkan bursa inovasi desa (BID). ‘’Semua inovasi desa ditampilkan. Baik yang dikenal di tingkat lokal, regional, maupun nasional,’’ tuturnya.

Bupati Kanang melalui dinasnya juga berupaya mewujudkan tata kelola keuangan desa yang transparan dan akuntabel dengan menerapkan sistem keuangan desa (siskeudes) online. Melalui aplikasi itu, pengerjaan laporan keuangan desa semakin mudah, fleksibel, dan lebih rinci. ‘’Siskeudes online juga rekomendasi KPK sebagai salah satu bentuk pencegahan korupsi,’’ jelasnya. (odi/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button