Pacitan

Bupati Dapati Antrean Pemohon di Disdukcapil

Cek Protokol Kesehatan Pelayanan Publik

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penerapan protokol kesehatan di sektor pelayanan publik menjadi atensi bupati. Rabu (9/9) kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) menjadi sasaran sidak Indartato bersama Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan. Dari hasil pengamatan, bupati mendapati masih ada warga yang antre mengurus dokumen administrasi kependudukan secara langsung.

Padahal, sebelumnya pihak disdukcapil telah membatasi proses pelayanan untuk mencegah kerumunan massa. ‘’Kami pantau protokol kesehatannya. Alhamdulillah berjalan dengan baik,’’ kata Indartato.

Kegiatan itu merupakan bagian dari pembentukan relawan penegak disiplin protokol kesehatan. Mereka tidak hanya mengawasi pelayanan publik pemerintah, namun juga mengontrol protokol kesehatan di fasilitas umum lainnya. Seperti pasar tradisional dan alun-alun. ‘’Supaya masyarakat betul-betul sadar dan korona berkurang sampai tidak ada lagi,’’ jelas Indartato.

Pihaknya mengklaim saat ini kepatuhan masyarakat dalam mengenakan masker cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan  jumlah pelanggar yang didapati petugas satpol PP berkurang drastis. ‘’Ini jadi kebanggaan, tapi tetap kami ingatkan terus. Kami juga berencana keliling kembali membagikan masker,’’ ujarnya.

Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto menegaskan bahwa peran penegak disiplin berbeda dengan satgas. Mereka tidak berhak memberikan sanksi, namun sekadar mengingatkan. ‘’Perlu disyukuri risiko penularan Covid-19 di Pacitan rendah. Tapi, kami tidak boleh lengah,’’ katanya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close