Madiun

Bumil Tak Perlu Ragu Divaksin Covid-19

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Ibu hamil (bumil) tidak perlu ragu terhadap vaksin. Sebab, vaksin yang disuntikkan akan hancur berganti pembentukan antibodi di tubuh ibu. Pun, vaksin tidak sampai ke janin, hanya antibodinya. ‘’Otomatis setelah divaksin ibu mendapatkan antibodi, janinnya juga mendapatkan antibodi. Ini luar biasa,’’ kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Madiun Tauhid Islamy, Jumat (27/8).

Tauhid menerangkan, antibodi ibu tersalurkan ke janin melalui plasenta. Penjelasan itu dari hasil penelitian kedua pada clinical trial vaksin di Amerika. Dari penelitian yang sama, diketahui bahwa antibodi yang telah terbentuk di tubuh ibu akan terbentuk dalam air susu ibu (ASI).

Sehingga, ketika bayi lahir akan mendapatkan antibodi terus-menerus melalui ASI sebagai asupan makanan. ‘’Kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemkot Madiun yang telah menjadikan bumil masuk prioritas vaksin. Tahun lalu tidak masuk, kita sedih. Maka sekarang kita bahagia,’’ ujarnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button