Pacitan

Bukit Longsor Tewaskan Siswi SMKN 1 Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Ujian beruntun harus dihadapi Suratno, warga Kembang, Sedeng, Pacitan. Istrinya, Boinah, belum genap sebulan meninggal dunia. Rabu (27/1), Ira Deslarianti, 18, putri bungsunya, menyusul sang ibu. Putri kedua Suratno itu tewas tertimbun material longsor yang menerjang rumahnya. ‘’Kejadiannya tengah malam, anaknya sedang tidur,’’ kata Makhiat, salah seorang tetangga.

Longsor maut itu terjadi sekitar pukul 00.30. Kala itu hujan deras mengguyur wilayah desa setempat sejak beberapa jam. Tak disangka, tebing setinggi 50 meter di belakang rumah Suratno ambrol. Tak pelak material tanah bercampur batu menerjang rumahnya. Menjebol dinding kamar sang anak. Akibatnya, siswi SMKN 1 Pacitan itu terkubur hidup-hidup. ‘’Korban mungkin tidak sadar ada longsor. Selain tengah malam, juga pas mati lampu,’’ ungkapnya.

Sedangkan Suratno sedang ke kamar mandi saat gunturan terjadi. Padahal, sebelumnya dia tidur tak jauh dari korban. Laki-laki 55 tahun tersebut langsung histeris mendapati putrinya tak bernyawa tertimbun material longsor. Dibantu warga setempat dengan peralatan seadanya mereka menggali material longsor dan tembok. ‘’Lebih dari 10 menit baru ketemu, korban masih berselimut,’’ jelasnya.

Suratno pun syok berat. Beberapa kali pingsan dan terpaksa diungsikan. Kondisi rumah dipenuhi material longsor hingga ruang tengah. Beberapa perabotan hancur. Baik yang ada di kamar korban maupun ruang tamu. ‘’Korban sempat dibawa ke rumah sakit, tapi tidak tertolong,’’ tutur Makhiat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Didik Alih Wibowo menyebut, tak hanya rumah Suratno yang jadi sasaran longsor. Dua rumah lain tak jauh dari lokasi kejadian ikut terancam. Dia minta warga untuk sementara mengosongkan rumah dan mengungsi ke tempat aman. Khususnya saat hujan deras kembali mengguyur kawasan tersebut. ‘’Kami sudah asesmen bersama Pak Bupati ke lokasi bencana dan menyerahkan bantuan,’’ ujar Didik. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button