Ponorogo

Buka Lagi, Pemohon Uji Kir di Ponorogo Membeludak

Dishub Batasi 150 Unit Kendaraan dalam Sehari

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Uji kir diharapkan sanggup menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Ponorogo di tengah pandemi Covid-19. Sejak dibuka kembali 6 Juni lalu, pelayanan dinas perhubungan (dishub) itu selalu dipadati pemohon. Bahkan hingga mencapai ratusan sehari. ‘’Wajar jika membeludak karena ada penangguhan tiga bulan,’’ kata Kepala Dishub Ponorogo Djunaedi Kamis (25/6).

Uji kir dilaksanakan di fasilitas dishub Jalan Arif Rahman Hakim. Sejak virus korona merebak di Bumi Reyog, pelayanan tersebut ditutup. Selama tiga bulan tidak beroperasi. ‘’Penguji kir di wilayah eks Karesidenan Madiun sepakat menghentikan pelayanan dan membuka kembali 6 Juni,’’ ujarnya.

Selama itu pula kendaraan umum tidak bisa melakukan uji kir. Sehingga, begitu dibuka lagi pemohon langsung membeludak. Pada hari pertama, lebih dari 100 unit kendaraan diuji. Terus-menerus tinggi selama 15 hari. ‘’Pemohon tidak dikenai denda atau biaya apa pun. Karena komitmen awal kepada mereka yang jatuh tempo uji kirnya ditunda karena Covid-19,’’ terangnya.

Djunaedi optimistis target PAD Rp 1,7 miliar dari uji kir dapat terealisasi. Meski mengejar target, pihaknya tidak ingin gegabah dengan asal menerima pemohon. Setiap hari, jumlah kendaraan dibatasi. ‘’Per hari maksimal 150 unit kendaraan. Kemungkinan target bisa terpenuhi sampai akhir tahun anggaran,’’ harapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close