Pacitan

Buka Jalur Tikus, Belasan Warga Wonogiri Diringkus

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penyekatan jalur perbatasan Wonogiri-Pacitan bocor. Terhitung selama tujuh hari, pemudik diloloskan oleh belasan warga Dusun Glonggong, Desa Ngancar, Kecamatan Giriyowo, Wonogiri, Jawa Tengah.

Sebanyak 12 warga diamankan Polres Pacitan untuk dimintai pertanggungjawaban. Lantaran kedapatan menyediakan jasa pandu jalan tikus bagi pemudik yang terpaksa putar balik. Dalam sehari, aksi Tumadi dkk itu mampu meraup jutaan.

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono mengatakan, pengungkapan kasus berawal dari kecurigaan petugas saat mendapati beberapa markah penyekatan di jalur tikus acap terbuka. Disokong laporan adanya kendaraan luar kota yang hilir-mudik di jalur alternatif tersebut.

Guna pembuktian, petugas terjun ke Jalan Wonogiri-Pacitan, Senin (17/5). Di sana didapati belasan warga setempat sedang memandu pemudik menyisir jalur tikus keluar-masuk Pacitan. ‘’Petugas menyamar dan mengecek seperti apa operasionalnya. Benar saja, ada pemandunya di setiap tikungan. Bahkan pakai bendera,’’ ungkapnya, Rabu (19/5).

Wiwit menyebut, aksi sejak 10 Mei itu dilakukan di dua jalur tikus. Lokasinya beberapa ratus meter dari pintu penyekatan. Selain di tikungan, beberapa pemandu juga menyebar di tepi jalan protokol guna menawarkan jasa melintasi jalur perbatasan. Dalam sehari mereka meraup lebih dari Rp 3 juta. ‘’Peran kedua belas orang ini berbeda-beda, mulai mengarahkan sampai menerima uang,’’ paparnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button