Ponorogo

Buang Bayi di Ruang Salat Perempuan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kelahiran orok laki-laki ini akibat salah bunda mengandung. Terbukti, orang tua kandung sengaja meninggalkan bayinya yang baru lahir lima hari lalu itu di dalam Masjid An-Nurr, Desa Kutu Kulon, Jetis, Ponorogo, Jumat (19/2). Kandungan si ibu saat melahirkan dipastikan cukup bulan lantaran bobot bayi mencapai 3,5 kilogram dan panjang 49 sentimeter. Bayi yang masih merah itu ditemukan dalam keadaan hidup, terbungkus kerudung cokelat dengan alas sajadah. ‘’Saat saya lewat mendengar tangisan bayi dari dalam masjid,’’ kata Sugiarti, saksi mata pertama kali, sambil menyebut waktu pukul 16.00.

Dia merasa penasaran hingga mendekat ke asal suara. Bayi yang menangis itu ternyata sendirian di ruang salat khusus jamaah perempuan. Posisinya di sudut ruangan dekat gulungan karpet. Naluri keibuan Sugiarti mendorongnya segera menolong. ‘’Kebetulan Pak Carik lewat, saya minta berhenti. Terus melapor ke Polsek Jetis,’’ ungkap Sugiarti.

Saksi mata itu mengaku sempat memergoki seorang laki-laki naik motor berhenti di halaman masjid sebelum terdengar tangisan bayi. Namun, Sugiarti tidak sempat mencermati ciri-ciri orang yang belum dikenalnya itu. Termasuk merek motor, apalagi pelat nomor kendaraan. ‘’Saya yakin bukan warga sini,’’ ujar warga yang rumahnya berada tak jauh dari bangunan masjid itu.

Indah Purwati, bidan yang tinggal di Desa Kutu Kulon, memastikan kondisi bayi buangan itu sehat walafiat. Dia menyebut waktu kelahiran masih dalam hitungan hari ditandai kondisi tali pusar yang basah. Bayi malang itu akhirnya dirawat di Puskesmas Jetis. ‘’Kondisinya sehat, tangisannya juga kencang,’’ tuturnya.

Kapolsek Jetis Iptu Edy Sucipta menerangkan bahwa pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Petunjuk sekecil apa pun dicermati polisi dari lokasi penemuan bayi. Sejumlah saksi juga dimintai keterangan. Polisi juga tengah mendata identitas ibu yang baru melahirkan di sejumlah klinik dan bidan praktik. ‘’Sudah dalam penyelidikan unit reskrim,’’ tegas kapolsek. (mg4/c1/hw)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button