Pacitan

BST Tahap Empat Tunggu Pusat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kelanjutan penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak korona selepas tahap ketiga masih menggantung. Sampai dengan Kamis (9/7) pemkab menyatakan mereka telah menggelontorkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 22.473 keluarga penerima manfaat (KPM) untuk tahap ketiga.

Sedangkan untuk pemberian bantuan suplemen berupa sembako terhadap 525 KPM dan jaringan pengaman sosial (JPS) sebesar Rp 200 ribu kepada sekitar 10 ribu kelompok penerima bantuan (KPB) baru berjalan dua tahap. Sehingga, tinggal menyisakan satu tahap lagi yang rencananya bakal dilakukan dalam periode bulan ini.

Kepala Dinas Sosial Pacitan Sunaryo mengaku belum mengetahui prosedur lanjutan penyaluran bantuan setelah tiga tahap dilalui. Soal itu, pihaknya menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Karena status darurat bencana non-alam Covid-19  belum dicabut secara nasional. ‘’Ya sekalipun sudah new normal dan semua kehidupan kembali seperti biasanya, bisa jadi (bantuan) dialihkan menjadi program pemerintah,’’ katanya.

Sunaryo menjelaskan, proses pendataan calon penerima semua bantuan itu sudah melalui mekanisme yang ditentukan. Seperti tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). ‘’Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah desa (pemdes). Data kemudian dilakukan verifikasi dan validasi (verval) oleh desa,’’ ujarnya.

Sunaryo mengungkapkan bahwa pihaknya hanya sebagai fasilitator. Sehingga tidak mempunyai kewenangan untuk mengeksekusi data yang sudah ada. ‘’Tapi memang terkadang ditemukan kasus. Misalnya data tidak valid. Bukan kami yang mengubah data, tapi pusat,’’ terang mantan asisten pemerintah dan kesra itu. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button