Madiun

Breeding Cupang Untung Jutaan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban  – Pamor ikan cupang di Kabupaten Madiun sedang tinggi-tingginya. Dengan teknik perawatan terbilang mudah, keuntungan jutaan rupiah bisa diraup per bulan. ‘’Pangsa pasarnya bergairah,’’ kata Soko Nur Cahyo Putro, breeder ikan cupang asal Desa Kaibon, Geger, Minggu (28/6).

Soko menekuni breeding cupang awal tahun ini. Sebelumnya hanya pedagang. Budi dayanya terbilang berhasil. Jenis plakat, serit, dan half moon. Dari awalnya mencoba sembilan pasang indukan, kini menjadi 50. Sepasang indukan bisa menetaskan ratusan ekor anakan. Sebanyak 50 hingga 70 ekor bisa bertahan sampai dewasa. Dijual ke pedagang eceran Madiun Raya. ‘’Pendapatan bisa sampai Rp 1,5 juta per bulan,’’ ujarnya.

Dedy Afriyanto, breeder lain asal Desa Ngepeh, Gemarang, punya pemikiran berbeda. Bila Soko mengutamakan kuantitas, dia cenderung ke kualitas. Memilah mana cupang yang memiliki harga tinggi dan biasa saja. Ikan dijual ke pedagang dan pehobi luar daerah. Termahal pernah laku Rp 270 ribu untuk satu ekor. ‘’Breeding ini cuma hobi yang saya tekuni sejak tahun lalu,’’ ungkapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close