Magetan

BPCB Jatim Bakal Ekskavasi Bukit Sepi Angin

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tim arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan memastikan bakal melakukan penggalian di Bukit Sepi Angin. Usai penelitian yang mereka lakukan di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Sabtu lalu (18/9) mendapati bahwa Bukit Sepi Angin menyimpan struktur candi yang diduga luasnya mencapai 600 meter persegi. ‘’Ekskavasi dapat menjawab bangunan itu milik siapa dan usianya berapa,’’ kata Pahadi, arkeolog BPCB Trowulan, Kamis (23/9).

Menurut Pahadi, dugaan struktur candi di Genilangit cukup mirip dengan beberapa situs serupa di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lantaran terdapat temuan batu kepala kala yang notabene umum ditemukan di banyak situs candi lain. ‘’Pola sebaran Majapahit juga banyak di sekitar Gunung Lawu,’’ bebernya.

Pahadi punya dugaan bahwa struktur candi yang terkubur di Bukit Sepi Angin merupakan bukti kemasyhuran Majapahit. Di sekitar Gunung Lawu, ditemukan Candi Cetho dan Candi Sukuh yang notabene juga peninggalan Mahapahit. ‘’Kalau ditemukan relief, atau pola hias yang mencirikan periode tertentu, bisa jadi petunjuk kuat,’’ terangnya. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button