Mejayan

BPBD Obrak-abrik Sarang Tawon Jumbo di Sidomulyo

CARUBAN, Jawa Pos Radar Caruban – Sarang tawon berukuran jumbo di Kabupaten Madiun terus menebar ancaman. Sengatan tawon bisa datang kapan saja. Meresahkan. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) semakin sibuk membasminya. ’’Selasa lalu (23/7) kami membasmi sarang tawon di rumah Pak Jono. Lumayan besar diameternya, sekitar 60 sentimeter,’’ kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Madiun Suprianto.

Rumah Jono berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Sarang jumbo itu berhasil dievakuasi. Suprianto sampai geleng-geleng kepala karena sampai pertengahan tahun ini sudah banyak sarang tawon besar dimusnahkan. ’’Ada enam kasus, lima orang sudah tersengat tawon gung. Tawon ini berbahaya karena ada racunnya,’’ ujarnya.

Suprianto menjelaskan, pemusnahan dilakukan dengan melakukan pembakaran. Selanjutnya, menyemprotkan cairan pestisida atau pembunuh serangga. ’’Agar tidak bisa reproduksi lagi,’’ tuturnya.

Jono mengaku sempat kaget melihat ada sarang tawon jumbo yang menempel di bangunan rumah. Dia takut, apalagi jika tersengat bisa menimbulkan demam. ’’Takutnya kalau anak-anak yang tersengat bisa sakit panas,’’ ucapnya. (mgc/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close