Magetan

BPBD Magetan Fokus Tangani Kebakaran Hutan Wonomulyo

MAGETAN, Radar Magetan – Sejumlah personel BPBD Magetan kembali diterjunkan untuk menangani kebakaran hutan di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Selasa (19/11). Upaya pemadaman di lokasi tersebut menggunakan alcon atau diesel semprot. ‘’Lokasi kebakaran berada di dekat sumber air. Sehingga, masih memungkinkan untuk dipadamkan menggunakan air,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Magetan Ari Budi Santoso.

Kendati kasus kebakaran sudah dapat diinventarisasi, Ari mengaku belum bisa memastikan berapa hektare luas hutan yang terbakar. Adapun jenis pohon yang terbakar mayoritas adalah pinus. ‘’Jarak (titik kebakaran) masih cukup jauh dengan rumah penduduk. Tapi, kalau angin masih bertiup kencang, dikhawatirkan api menjalar lewat atas,’’ ungkapnya.

Di lokasi lain, kebakaran yang melanda kawasan RPH Bedagung, Kecamatan Panekan, mulai berangsur padam. Sekalipun dari hasil pengamatan BPBD masih terdapat kepulan asap putih di petak hutan Perhutani tersebut kemarin. ‘’Lokasinya ada di atas. Karena masih jauh dari permukiman penduduk, kami pantau saja,’’ ujar Ari.

Sebagai antisipasi, pihaknya tetap menempatkan personel di posko yang berlokasi di Dusun Pangger. Bahkan, kemarin petugas dari Perhutani sempat berusaha menuju titik kebakaran. Namun, lokasinya ternyata sulit dijangkau. Sehingga, kobaran api di atas bukit belum bisa ditangani. ‘’Tapi, sebagian besar sudah padam,’’ katanya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button