Ponorogo

BPBD Imbau 10 Wilayah Kecamatan di Ponorogo Lebih Waspada

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Debit sungai di hilir meningkat akibat hujan lebat di hulu Ponorogo. Di Desa Muneng, Balong, sungai meluap ke jalan-jalan Minggu sore (1/3). Jika wilayah hulu terus diguyur hujan, dikhawatirkan debit di aliran utama seperti Sungai Sekayu semakin tinggi. ‘’Debit air di Muneng cukup tinggi sampai melebihi tanggul,’’ kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo Hadi Susanto.

Hadi dan timnya fokus mengamati perkembangan debit air di sejumlah sungai wilayah Balong hingga Slahung. Pasalnya, wilayah hulu terus diguyur hujan dengan intensitas sedang cukup lama. Sementara, wilayah Balong jadi titik pertemuan aliran sungai dari sejumlah hulu seperti Slahung dan Balong bagian barat. ‘’Dari hulu alirannya menuju Balong, lalu ke Sungai Sekayu,’’ jelasnya.

Pantauan TRC di Muneng, banyak material ranting pohon dan sampah hanyut terbawa arus. Sebagian menumpuk di jembatan desa setempat. Hadi khawatir merusak konstruksi jembatan. ‘’Material harus dievakuasi karena bisa ikut hanyut sampai Sungai Sekayu,’’ beber Hadi.

Debit air dimungkinkan terus meningkat hingga beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan prakiraan cuaca kepada BPBD setempat. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono menyebut bahwa sepekan ke depan sejumlah wilayah di Ponorogo akan diguyur hujan lebat. ‘’Intensitasnya sedang hingga tinggi,’’ sebutnya.

Secara khusus, Budi juga meminta masyarakat di 10 kecamatan lebih waspada potensi banjir. Sebab, BMKG juga menyertakan prediksi kecamatan rawan banjir dengan kategori kerawanan menengah. Meliputi wilayah Badegan, Balong, Jetis, Kauman, Mlarak, Pulung, Sambit, Siman, Sawoo, serta Sukorejo dan Ponorogo. ‘’Wilayah seperti Kelurahan Paju cukup sering kena luapan,’’ kata dia sembari menyebut petugas di lapangan terus memantau perkembangan debit air serta berkoordinasi intens dengan berbagai elemen masyarakat. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button