Madiun

BPBD Bertaruh Nyawa Selamatkan Maya

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pahlawan bisa datang dari mana saja. Yudo Banuarso membuktikannya. Petugas BPBD Kota Madiun itu bertaruh nyawa menyelamatkan seekor kucing yang terperosok ke dalam sumur warga.

Kedatangan Yudo Banuarso beserta tim BPBD merespon panggilan Kris Dwi Hartini, Kamis (31/10). Warga RT 14 RW 5, Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo itu nyaris putus asa. Setelah mendengar suara Maya, kucing kesayangannya dari dalam sumur di samping rumahnya. ‘’Saat memberi makan kucing, sudah curiga. Kok, Maya tidak kelihatan,’’ ungkapnya.

Pikiran Kris langsung tertuju ke BPBD setempat. Begitu mendapati kucing kesayangannya bertaruh nyawa di dasar sumur. Jika dibiarkan, bisa mati kedinginan. Dengan sigap, Kris menelepon kantor BPBD Kota Madiun. Petugas pun cepat datang. Kedatangan petugas dengan dua armada pun memicu perhatian banyak orang. Karena mereka membawa peralatan lengkap untuk kegiatan animal rescue.

Awalnya, proses penyelamatan kucing sekadar dipancing dari bibir sumur. Baik menggunakan ember, keranjang dan tutup jaring kipas angin. Tapi, si kucing tak mau berpindah pegangan dari dinding sumur. ‘’Posisi air surut. Kucing sudah mulai kelelahan,’’ terang Toni Prastya, petugas BPBD Kota Madiun.

Di saat genting itulah, tim menyepakati untuk menerjunkan Yudo Banuarso. Ia menuruni sumur sedalam sepuluh meter itu dengan perlengkapan tabung oksigen dan tali pengaman. Hap, sepuluh 10 menit, Maya berhasil diselamatkan. ‘’Evakuasinya harus ekstra hati-hati karena lubang sumur cukup sempit,’’ tegas Toni.

Si Maya akhirnya kembali ke pelukan Kris. Dia langsung menghanduki kucing Persia yang dipeliharanya sejak tujuh bulan terakhir itu. Di rumahnya, perempuan itu memelihara sepuluh ekor kucing dari berbagai ras. Dia pun sangat berterima kasih karena pertolongan cepat datang, tanpa melihat siapa yang ditolong. Bahkan seekor kucing. ‘’Terima kasih sekali,’’ tutur Kris. (her/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button