Ngawi

Bongkar Pasang Enam Perangkat Daerah

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Legislatif memberi sinyal menyetujui rancangan perda (raperda) perubahan Perda 8/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Dalam rapat paripurna agenda pandangan umum Kamis (15/7), enam fraksi secara umum memberikan lampu hijau bongkar pasang struktur organisasi yang melibatkan enam perangkat daerah.

Keenamnya adalah dinas pertanian (dispertan); dinas pangan dan perikanan (DPP); serta badan perencanaan pembangunan, penelitian, dan pengembangan (bapelitbang). Juga, kantor kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol); dinas koperasi dan usaha mikro (dinkop-UM); serta dinas sosial (dinsos).

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menyebut, raperda perubahan Perda 8/2016 meliputi penyederhanaan sekaligus mencocokkan rumpun masing-masing bidang. Perubahan berdasar evaluasi kelembagaan agar tepat fungsi dan sesuai kebutuhan daerah. ‘’Kami konsultasikan raperda ini dengan biro organisasi Pemprov Jawa Timur,’’ katanya.

Dispertan dan DPP bakal dilebur menjadi dinas ketahanan pangan dan perikanan. Sedangkan bidang perikanan di DPP dan bidang peternakan dispertan menjadi satu dalam PD baru. Yakni, dinas perikanan dan peternakan.

Dalam rapat pembahasan sebelumnya, panitia khusus (pansus) III mengusulkan perubahan nomenklatur bapelitbang. Nama PD yang dinakhodai pelaksana tugas (Plt) Indah Kusumawardhani itu dikembalikan menjadi bappeda. ‘’Kami setuju karena litbang tidak boleh muncul dalam nomenklatur sendiri,’’ ujar bupati. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button