AdvertorialNgawi

BOACF 2019 Berlangsung Meriah

Upaya Kenalkan Potensi Wisata Ngawi hingga Tingkat Internasional

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pergelaran Bumi Orek-Orek Art and Culture Festival (BOACF) 2019 di Sendang Tawun, Kasreman, Sabtu malam (7/12) berlangsung meriah. Hujan yang sempat mengguyur menjelang acara tak mampu membendung antusiasme warga. Mereka penasaran dengan festival tahun ini yang merupakan penyelenggaraan kali kedua.

Terlebih, sejumlah seniman lokal dan nasional sengaja diundang memeriahkan pergelaran yang dimulai pukul 19.00 itu. ‘’Meriah sekali. Walaupun sempat hujan, banyak warga yang menonton,’’ kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Raden Rudi Sulisdiana.

Pihaknya sengaja memilih taman wisata Tawun sebagai venue event kali kedua ini. Pergelaran sebelumnya dihelat di Benteng Pendem. Tujuannya untuk mengenalkan objek wisata Tawun ke kancah nasional hingga internasional. Terlebih, beberapa waktu lalu Tawun ditetapkan warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pariwisata dengan ciri khas ritual keduk beji-nya. ‘’Kami ingin destinasi wisata di Ngawi itu dikenal ke seluruh pelosok nusantara hingga internasional,’’ harapnya.

Dia menambahkan, BOACF kali ini sengaja dikemas lebih ringan agar lebih bisa dinikmati masyarakat setempat. Meski begitu, kualitasnya tidak kalah dengan tahun lalu. Kali ini, beberapa seniman kondang tanah air seperti  Sruti Respati (pelatih vokal), Danang Pamungkas (tari), dan Gondrong Gunarto (musik) dihadirkan memeriahkan pergelaran. ‘’Kami kolaborasikan dengan seniman lokal Ngawi. Salah satunya Deni Caknan,’’ imbuh Rudi.

Pada pergelaran kali ini Bupati Budi Sulistyono memberikan penghargaan kepada Deni Caknan dan Grodrong Gunarto lantaran telah melambungkan nama Ngawi dengan kreativitas seninya.

Bupati Budi Sulistyono berharap BOACF tak hanya jadi ajang hiburan bagi masyarakat, tapi juga wadah memunculkan talenta-talenta baru seniman asli Ngawi. Juga kesempatan berkolaborasi dengan seniman nusantara. ‘’Ada panggung yang bisa mereka gunakan,’’ ujarnya. (gen/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close