Pacitan

BMKG Sebut Pacitan Rawan Gempa dan Tsunami

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) belum mencabut kajian potensi tsunami. Gempa bumi berskala 8 skala Richter masih berpotensi terjadi di pesisir pantai selatan Jawa. Geografis Pacitan yang berada di wilayah teluk terpetakan sebagai zona terparah.

Karena itu, amuk bahari jika tsunami benar terjadi bakal menyapu rata hampir seluruh permukaan daratan kabupaten ini. Bibir pantai hingga pusat pemerintahan berpotensi terdampak guncangan gempa dan terendam. Tsunami berpotensi terjadi dalam kurun waktu kisaran setengah jam pasca gempa bumi.

Alun-alun, misalnya. Kawasan itu berpotensi terendam sedalam 6 hingga 7 meter. Tsunami datang pascagempa 37 menit sebelumnya. Di bibir pantai, potensi genangan mencapai 15 meter dengan jarak waktu tiba tsunami sekitar 30 menit. ‘’Termasuk di beberapa tempat strategis lainnya di kabupaten ini,’’ kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Minggu (12/9).

Dwikorita meminta pemkab sedia kawasan evakuasi sementara. Khususnya di pusat kota. Menimbang tak banyak tempat tinggi yang dapat menampung ribuan penduduk dalam waktu singkat. Evakuasi disarankan memilih antara jalan kaki atau naik kendaraan. ‘’Jangan menempuh keduanya sekaligus. Itu bisa membuat situasi semakin chaos (kacau, Red) dan crowded (penuh sesak),’’ ujarnya.

Warga pun disarankan memanfaatkan bukit di seputaran permukiman sebagai tempat evakuasi sementara (TES). Ketimbang memaksa penduduk berjalan jauh ke tempat lain yang telah disediakan. Setiap tempat yang dijadikan TES harus diketahui seluruh penduduk. Diupayakan rute penyelamatan tidak melintasi jembatan. ‘’Karena berpotensi rusak akibat guncangan gempa,’’ katanya.

Dwikorita berharap kajian potensi gempa dan tsunami ini meningkatkan kewaspadaan. Berbagai upaya antisipasi patut dipersiapkan sedari dini. Tentu semuanya berharap potensi itu meleset seiring perkembangan kondisi alam ke depan. ‘’Skenario ini belum pasti terjadi. Masih sebatas potensi bukan prediksi,’’ tuturnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button