Pacitan

Blusukan Desa, Rekam 6 Ribu Pemilih Pemula

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Jelang pilkada serentak 2020, stok blangko e-KTP di kantor Disdukcapil Pacitan kini melimpah. Namun, karena masih pandemi Covid-19, permohonan pembuatan e-KTP tetap dilayani secara terbatas.

Kepala Disdukcapil Pacitan Supardiyanto mengaku pihaknya baru saja mendapat kiriman 12 ribu blangko e-KTP dari Kemendagri. Hanya, jumlah blangko yang diterima kurang dari separo usulan semula sebanyak 25 ribu keping. ‘’Blangko diprioritaskan untuk memenuhi permohonan (calon) pemilih pemula sebanyak 6 ribu jiwa,’’ katanya Rabu (16/9).

Supaya proses perekaman data para pemilih pemula bisa cepat, pihaknya akan kembali melakukan sistem jemput bola ke desa-desa. Sebelumnya, program tersebut dihentikan karena pandemi Covid-19. ‘’Mulai kami jalankan kembali pada 21 September mendatang,’’ ujar mantan kasatpol PP itu.

Dengan tambahan sekitar 12 ribu keping blangko, Supardiyanto optimistis stoknya cukup sampai proses pemungutan suara 9 Desember mendatang. ‘’Kalau sebelum Desember nanti (stoknya) sudah habis atau tinggal 1–2 ribu keping, kami akan kembali melakukan pengajuan,’’ tuturnya.

Sampai dengan saat ini, rata-rata sekitar 150–200 orang yang melakukan perekaman dan perubahan data e-KTP. Proses pencatatan itu sebenarnya dapat berjalan lebih cepat apabila bantuan anjungan dukcapil mandiri (ADM) dapat dioperasikan. ‘’Saat ini dalam proses penginstalan perangkat lunak,’’ sebutnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close