Magetan

Bisnis Menjanjikan, Suyono Pasok Gurami hingga Luar Pulau

BUDIDAYA ikan air tawar masih menjanjikan. Itu dibuktikan Suyono. Dari beternak gurami, duit puluhan juta rupiah rutin mengalir ke kantong pria parobaya tersebut saban bulan.

Suyono mengatakan, budidaya gurami bisa dijadikan usaha sampingan. Pasalnya, setelah ikan berusia lebih dari dua bulan, tidak perlu perawatan yang ribet. ‘’Hanya pemberian pakan dan vitamin yang cukup. Yang sulit itu dari pembibitan sampai ikan berusia 60 hari,‘’ ungkapnya.

Saat ini, pria yang dulunya petani tebu itu memiliki beberapa kolam di lahan seluas setengah hektare di sekitar rumahnya. Kolam-kolam tersebut yang bisa menampung 5 ribu bibit ikan gurami.

Sukses yang diraih Suyono tidak datang begitu saja. Pada awal-awal berbudidaya gurami, dia sempat merugi. Itu tidak terlepas dari minimnya pengetahuan serta keterbatasan modal untuk membeli vitamin ikan kala itu. ‘’Dulu hampir sempat frustrasi,’’ kenangnya.

Kini, Suyono menjadi jujugan pengusaha resto yang menawarkan menu olahan gurami. Tidak hanya pasar lokal, dia juga memasok ikan hasil budidayanya hingga ke luar pulau. ‘’Saya selalu mengupayakan ikan gurami yang saya budidayakan memiliki daging tebal,‘’ pungkasnya. (mgc/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button