Ponorogo

Biaya Pemakaman di Bibis Tembus Rp 5 Juta, LPMK Sebut Khusus Warga Non-Kepatihan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Biaya pemakaman di Ponorogo kelewat mahal. Seperti di Makam Bibis. Keluarga almarhumah Sulamah, warga Kelurahan Surodikraman, Ponorogo, mengaku harus menanggung biaya pemakaman Rp 5 juta di Makam Bibis. Persoalan itu sempat mencuat hingga viral di media sosial. Foto bukti kuitansi pembayaran sengaja ikut di-upload agar terhindar dari tudingan hoaks.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kepatihan Soerino tak menampik kebenaran biaya pemakaman sebesar Rp 5 juta itu. Namun, lembaganya bukan tanpa alasan memasang tarif jutaan rupiah ke keluarga almarhumah Sulamah. ‘’Tarif pemakaman Rp 5 juta khusus dikenakan untuk yang bukan warga Kelurahan Kepatihan,’’ jelas Soerino, Rabu (14/4).

Dia menyebut bahwa Makam Bibis sudah overload. LPMK Kepatihan tak ingin lahan makam penuh terisi bukan oleh warga kelurahan setempat. ‘’Kami tidak berbicara soal nilai. Kami hanya membatasi warga luar kelurahan (Kepatihan) dimakamkan di sini,’’ terangnya. Dengan mengenakan tarif jutaan rupiah, pihaknya berharap yang bukan warga Kelurahan Kepatihan berpikir ulang jika hendak memakamkan keluarganya di Makam Bibis. ‘’Biaya itu sudah atas persetujuan keluarga,’’ imbuh Soerino. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button