Mejayan

Biaya Haji Diambil Semua Sama Saja Batal Berangkat

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Calon jamaah haji (CJH) diperbolehkan menarik kembali biaya yang telah dibayarkan, buntut penundaan keberangkatan hingga dua kali akibat pandemi Covid-19. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pengambilan biaya haji itu memiliki konsekuensi tersendiri.

‘’Kalau biaya haji diambil semua, CJH yang bersangkutan akan kehilangan jatah kuota haji,’’ kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Madiun Muhamat Basid, Senin (7/6).

Ada 419 CJH di Kabupaten Madiun yang sedianya diterbangkan ke Tanah Suci tahun ini. Mereka merupakan rombongan yang sempat tertunda keberangkatannya tahun lalu. ‘’CJH tidak akan kehilangan kuota kalau yang diambil biaya pelunasannya saja,’’ ungkap Basid.

Dia menyebutkan, biaya pelunasan haji sekitar Rp 11 juta dari total biaya Rp 36 juta. Duit itu bisa ditarik kembali dengan cara mengajukan permohonan ke kantor Kemenag. Setelah pengajuan, dana akan ditransfer ke rekening pemohon dalam rentang waktu sepekan sampai satu bulan ke depan. ‘’Bagi CJH yang masih memiliki kuota, direncanakan berangkat tahun depan,’’ ujarnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button