Ngawi

Berubah Jadi Lintasan Off-Road, Jalan Berlumpur, Akses ke Sekolah Terhambat

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Hujan yang hampir setiap hari mengguyur wilayah Ngawi membuat sejumlah jalan desa berubah menjadi layaknya lintasan off-road. Di Dusun Sumberan, Desa Kyonten, Kasreman, misalnya, setidaknya 50 meter ruas jalan di dusun setempat kini kondisinya berlumpur.

Akibatnya, akses menuju SD setempat terhambat. Terutama saat tanah bekas genangan air masih basah. ‘’Kalau tidak berani bawa motor harus jalan kaki dan kotor-kotoran,’’ kata Kepala SDN Kyonten 3 Wakhid Prayitno Jumat (10/1).

Titik jalan berlumpur itu berjarak sekitar 100 meter dari SD tersebut dan menjadi jalur utama keluar-masuk sekolah. Jika enggan melintasi medan berat itu, warga harus jalan memutar dengan jarak relatif jauh. ‘’Jalur alternatif kalau hujan juga bahaya karena licin,’’ ungkapnya.

Wakhid menuturkan, kondisi jalan tersebut sebelumnya memang tidak mulus hingga akhirnya diuruk. Namun, akibat sering diguyur hujan akhirnya berubah menjadi berlumpur. ‘’Kalau saya menilai karena salah uruk dan faktor hujan yang turun setiap hari,’’ ujarnya.

Sujiono, warga setempat, menyebut bahwa jalan itu menjadi berlumpur karena sebelumnya ada perbaikan talut. Nah, tanah bekas galian talut itu lantas diratakan di jalan. ‘’Tapi, setelah musim hujan ternyata malah menjadi lumpur seperti itu,’’ katanya.

Dia mengungkapkan, jalan tersebut juga merupakan akses utama warga Dusun Ngepung dan Cukli menuju Pasar Gubuk Duwur yang lokasinya di perbatasan Ngawi-Bojonegoro. ‘’Banyak yang tergelincir karena tidak bisa menguasai motornya (saat melintas di jalan berlumpur),’’ imbuh Sujiono.

Kepala Desa Kyonten Sunardi juga mengungkapkan bahwa tanah untuk menguruk jalan itu merupakan bekas galian talut. ‘’Karena tanahnya belum solid, saat kena hujan menjadi lembek,’’ ujar Sunardi.

Dia menambahkan, untuk mencegah pengguna jalan tergelincir, titik yang berlumpur itu telah diuruk ulang dengan tanah jenis padas. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close