Madiun

Bersinergi Sosialisasikan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Akui Peran Penting Media

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun– Jalin komunikasi apik dengan awak media, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pilih gelar media workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2020. Kegiatan yang digelar selama dua hari (22-23 Oktober) berlangsung di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan dan diikuti perwakilan awak media di seluruh Indonesia secara virtual. ‘’Ini upaya kami untuk membangun sinergi dengan teman-teman media, sekaligus meningkatkan informasi JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, Red),’’ ujar Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik (UKP) BPJS Kesehatan Cabang Madiun, Putro Pamungkas.

Pihak BPJS Kesehatan tidak menampik peran penting media. Terutama sebagai mitra lembaganya untuk menyiarkan progres-progres konstruktif yang berhasil dikembangkan dalam mengelola program JKN-KIS. Pemberitaan yang dilakukan media juga untuk membentuk citra organisasi yang positif dan opini publik yang kuat terhadap BPJS Kesehatan. ‘’Peran media tergambar dalam tema workshop yang kami angkat, Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS dan Peran Jaminan Sosial Kesehatan di era Pandemi Covid -19. Kami berharap, awak media membantu mensosialisasikan pentingnya terdaftar dalam program JKN-KIS,’’ terangnya.

Program JKN-KIS ini memiliki banyak manfaat. Misalnya, mudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan. Pelayanan yang diberikan juga cepat dan tidak rumit, masyarakat tidak mampu pun bisa mengakses layanan ini. ‘’Apalagi di tengah pandemi seperti ini, sudah semestinya seluruh warga Indonesia masuk dalam program JKN-KIS,’’ jelasnya.

Di sisi lain, sejumlah narasumber dihadirkan secara virtual dalam workshop. Di antaranya Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, Kepala Satgas Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan KPK, Kunto Ariawan, Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pusat, Adang Bachtiar, Chief of Party USAID Health Financing Activity, Prof. Hasbullah Thabrany, pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, TB. A. Choesni, Pakar Asuransi Kesehatan, Budi Hidayat, Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Raden Pardede. Sementara pada hari kedua hadir narasumber dari Dewan Jaminan Sosial Nasional, Muttaqien, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, dan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari. (afi/aan)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button