Madiun

Bersihkan Kabel Semrawut di Jalan Jawa

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Bak wajah bersih berseri tanpa jerawat. Kelak, keelokan itu akan tersaji di pedestrian Jalan Jawa. Kabel-kabel bergelantungan di sisi utara ruas jalan itu bakal dirapikan. Pemkot Madiun bakal menata kabel dengan cara ditanam melalui sistem ducting bersamaan berjalannya proyek pedestrian di jalur tersebut.

Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun saat ini tengah koordinasi dengan pihak berwenang. Baik PLN, Telkom, maupun pihak lainnya. Titik paling crowded di perempatan Kartini. Sehingga, perlu kabel tanam hingga sepanjang Jalan Jawa sisi utara. ‘’Nanti bersamaan pekerjaan berjalan, kabel dirapikan,’’ kata Kabid Bina Marga DPUPR Kota Madiun Thariq Megah, Minggu (1/8).

Pihaknya menargetkan penataan kabel tanam tuntas dalam dua pekan mendatang. Kabel ditanam bersamaan pemasangan box culvert di jalur pedestrian. Sistem ducting diklaim banyak kelebihan. Selain lebih rapi serta efisiensi biaya perawatan dan maintenance, juga tidak lagi butuh tiang yang selama ini mengganggu pengguna jalan dan pemandangan. ‘’Lebih bernilai estetik, dan kami pastikan aman,’’ ujarnya.
Saat ini ada sekitar 40 tiang kabel di sepanjang jalur tersebut. Nantinya akan dicabut. Sehingga, pedestrian lebih rapi. Pihaknya menjamin penataan kabel tanam aman bagi pejalan kaki. Sebab, kabel berada di bawah jalur pedestrian atau box culvert. ‘’Kabelnya tidak akan tergenang air, jadi aman,’’ tegasnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button